4 Bahan Alami Atasi Bibir Pecah-pecah saat Berpuasa

Ilustrasi: Freepik Ilustrasi: Freepik

Jakarta: Bibir pecah-pecah seringkali membuat kita tidak nyaman untuk beraktivitas. Bila dibiarkan terlalu lama, akan membuat lapisan kulit bibir Anda kering bahkan berdarah.

Namun, ada beberapa bahan alami yang efektif untuk mengatasi bibir pecah-pecah. Dikutip dari Medcom.id, berikut empat bahan alami untuk mengatasi bibir pecah-pecah.

1. Minyak almond

Minyak almond dapat memiliki berbagai macam kegunaan. Salah satunya adalah untuk menghilangkan bibir kering.

"Minyak almond memiliki kandungan asam lemak yang tinggi dan bermanfaat dalam mengatasi eksim," kata Lauren E. Adams, dokter kulit dari White Plains Hospital Physician.

Caranya, cukup oleskan beberapa tetes minyak almond ke bibir. Tetapi bagi kamu yang memiliki riwayat alergi almond tidak boleh menggunakan ini ya.

Baca: Ini 5 Tips Merawat Tanaman saat Musim Hujan

2. Minyak kelapa

Tidak hanya digunakan untuk memasak atau membuat kue, minyak kelapa juga bermanfaat mengatasi bibir kering. Minyak kelapa adalah emolien yang baik, menambah kelembapan pada kulit, dan juga memiliki beberapa sifat anti-stafilokokus.

"Kandungan tersebut dapat membantumu mencegah superinfeksi bakteri pada bibir yang sangat pecah-pecah," kata Dr Adams.

3. Timun

Salah satu cara untuk mengatasi bibir kering dan pecah-pecah adalah dengan menggunakan mentimun. Memakai mentimun menjadi perawatan yang sempurna untuk bibir kering dan pecah-pecah.

"Sayuran hijau ini dapat melembapkan bibir agar menjadi lembut sambil juga memberikan vitamin dan mineral yang dibutuhkan kulit untuk membuat bibir terlihat sempurna," menurut Medical News Today.

Baca: Simak, Tips Menjaga Kesehatan Kulit saat Berolahraga

4. Gula dan madu

Menggunakan campuran gula dan madu sebagai scrub untuk bibir dapat membantu menghilangkan sel-sel kulit mati dan membantu bibir tetap terhidrasi dan halus. Menurut Adina Mahalli, seorang ahli perawatan rambut dan kulit dari Maple Holistics, jika kamu memiliki bibir yang pecah-pecah, mungkin kamu perlu menggunakan scrub pada bibir.

"Gula bersifat abrasif sehingga menjadikannya sebagai bahan scrub alami yang baik. Gula alami yang ditemukan dalam madu bertindak sebagai humektan dan emolien yang meningkatkan kontrol air di kulit bibir," terang Mahali.

"Kamu bisa membuat scrub dengan gula dan madu, kemudian menggosoknya dengan sikat dan kemudian bersihkan bibir," pungkas dia.



(UWA)

Berita Lainnya