Ini Dia 4 Sapi Kurban Paling Berat yang Dibeli Presiden Jokowi

Presiden Joko Widodo. Foto: Biro Pers Sekretariat Presiden Presiden Joko Widodo. Foto: Biro Pers Sekretariat Presiden

Apakareba: Pelaksanaan Hari Raya Iduladha tentu identik dengan pembelian hewan kurban. Sudah menjadi rutinitas setiap tahun bagi Presiden Joko Widodo (Jokowi) membeli sapi untuk dibagikan ke masyarakat di berbagai belahan daerah. 

Aspek bobot menjadi salah satu penilaian bagi Presiden. Selain itu, kesehatan hewan kurban yang dibeli harus diperiksa terlebih dahulu oleh Dinas Peternakan setempat agar layak dikonsumsi.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut deretan sapi dengan bobot paling berat yang dibeli Presiden Jokowi untuk kurban di Hari Raya Iduladha 1442 Hijriah.

Sapi kurban di Jakarta

Presiden Jokowi menyerahkan sapi kurban jenis limousin dengan bobot 1,2 ton kepada pihak Masjid Istiqlal, Jakarta. Informasi ini disampaikan oleh Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Presiden pada Senin, 19 Juli 2021.

Sapi kurban di Banjarmasin

Sapi jenis limousin yang disumbang oleh Presiden Jokowi akan diserahkan Gubernur Kalimantan ke Masjid Raya Sabilal Muhtadin, Banjarmasin, Kalimantan Selatan. Panitia Masjid Raya Sabilal Muhtadin, Zakaria, mengatakan bahwa berat sapi tersebut hampir 1 ton.

Sapi kurban di Lembang

Presiden Joko Widodo menjatuhkan pilihan pada sapi berukuran jumbo dengan berat hampir 1 ton dari Lembang, Kabupaten Bandung Barat, untuk dikurbankan pada Iduladha tahun ini. Sapi berjenis simental merupakan milik peternak asal Kampung Pangragajian, Agus Sumartono. Tinggi sapi kurban tersebut mencapai 160 sentimeter (cm) dan berusia 3,5 tahun.

Sapi kurban di Riau

Menurut Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (PKH) Provinsi Riau, Rahmat Setiyawan, sapi pilihan Presiden Jokowi dibanderol dengan harga Rp93,5 juta. Sapi pilihan Kepala Negara itu memiliki berat 891 kilogram (kg).



(RAI)

Berita Lainnya