Musim Depan Liga 1 Indonesia Kembali Terapkan Sistem Home And Away?

Liga 1 (dok. PT LIB) Liga 1 (dok. PT LIB)
Jakarta: Direktur Utama PT Liga Indonesia Baru (LIB) Akhmad Hadian Lukita menyebut kemungkinan Liga 1 Indonesia musim 2022-2023 akan menggelar format liga dengan sistem home and away. Saat ini kompetisi Liga 1 Indonesia musim 2021-2022 masih bersistem gelembung (bubble).

"Kalau situasi sudah normal, maka dirancang format home and away," kata Akhmad Hadian dilansir dari Medcom.id, Kamis 24 Maret 2022.
  
Saat ini PT LIB belum memutuskan format dan sistem yang akan digunakan pada musim depan. Akhmad pihaknya masih harus menyusun laporan mengenai evaluasi Liga 1 Indonesia 2021-2022 dan harus melaporkannya ke PSSI serta pemerintah.

"Kalau pemerintah masih menetapkan situasi pandemi (covid-19), maka liga bisa saja kembali ke sistem bubble," ujar Akhmad.

Adapun Liga 1 Indonesia 2021-2022 tinggal menyisakan dua pekan pertandingan yang berakhir pada 31 Maret 2022. Saat ini, Bali United masih memimpin klasemen sementara dengan 72 poin dari 32 pertandingan.
 
Bergulirnya BRI Liga 1 juga memberikan dampak positif pada usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM). Produksi jersey dan merchandise klub yang meningkat menjadi angin segar. Baik bagi UMKM di bidang tekstil, sablon, maupun industri terkait. 

 

Berjalannya liga juga meningkatkan perekonomian sektor yang terkait langsung dengan pertandingan sepak bola. Misalnya hak siar, perhotelan, dan jasa boga (katering).



(UWA)

Berita Lainnya