Capai Kesejahteraan Umat, Ini Pesan MUI Sulsel

Ketua MUI Sulsel, Nadjamuddin Abduh Syafa, memberi sambutan pada Forum Silaturrahmi Ulama di Kota Makassar, Sabtu, 12 Maret 2022. Foto: Antara/Suriani Mappong Ketua MUI Sulsel, Nadjamuddin Abduh Syafa, memberi sambutan pada Forum Silaturrahmi Ulama di Kota Makassar, Sabtu, 12 Maret 2022. Foto: Antara/Suriani Mappong

Makassar: Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Sulawesi Selatan (Sulsel), Nadjamuddin Abdul Syafa, menghadiri Forum Silaturahmi Ulama (FSU) di Kota Makassar pada Sabtu, 12 Maret 2022. Pada kesempatan tersebut, ia menyampaikan tiga poin yang dibutuhkan umat untuk mencapai kesejahteraan.

Ketiga poin itu ialah perbaikan ekonomi, pendidikan dan keamanan. "Perbaikan ekonomi ini penting karena fakiran (kemiskinan) akan mendekatkan pada kekufuran atau tidak percaya Allah SWT dan Rasulnya," kata Nadjamuddin, dilansir dari Antara, Minggu, 13 Maret 2022.

Poin kedua, perbaikan pendidikan. Hal ini juga penting karena pendidikan yang salah bisa melahirkan muslim yang ekstrem atau radikal.

Baca: KIPD Sulsel Gelar Sosialisasi ASO 2022

Bahkan ia mengaku pernah ditanya oleh pihak Densus 88 terkait penyebab seseorang menjadi radikal atau ekstrem. Ia menjawab hal itu disebabkan ketidakseimbangan antara ilmu dan semangat.

Pendidikan perlu dijaga agar tidak terjerumus dalam pendidikan yang salah arah. "Poin ketiga adalah masalah keamanan. Hal ini tidak kalah pentingnya karena dapat saling menunjang dengan kedua poin lainnya," ucap dia.

Dia menegaskan dengan ketiga poin tersebut harus terpadu diwujudkan untuk mencapai kesejahteraan masyarakat. Apabila itu terwujud, ia yakin dapat mencapai negara yang makmur dan masyarakat yang sejahtera seperti yang digambarkan dalam kitab suci Al Quran.



(UWA)

Berita Lainnya