Baca Doa Ini Agar Terhindar dari Fitnah Dajjal

Foto: Pexels.com Foto: Pexels.com

Apakareba: Kiamat merupakan hari akhir bagi seluruh makhluk yang hidup di alam semesta. Ketika kiamat tiba, seluruh alam semesta beserta isinya akan hancur tanpa menyisakan apa pun. 

Dengan begitu, kiamat merupakan suatu peristiwa yang paling menakutkan bagi seluruh orang. Umat Islam juga harus mempercayai bahwa kiamat suatu saat akan benar-benar terjadi karena itu merupakan salah satu rukun iman. 

Dalam sebuah hadis, Nabi Muhammad SAW memberikan tanda-tanda hari kiamat. Salah satunya, yaitu munculnya Dajjal. Dajjal digambarkan sebagai sosok yang memiliki perawakan besar dan pendek, berambut keriting, berjenis kelamin laki-laki, mata sebelah kanannya buta, hingga di keningnya tertulis huruf ‘kafara’. 

Dajjal akan berada di muka bumi selama 40 hari. Selama di sana, Dajjal akan menyebarkan fitnah-fitnahnya. Oleh karena itu, dalam sebuah hadis yang bersumber dari An-Nawwas bin Sam’an Al-Killabi, Rasulullah pernah bersabda:

“…Jika Dajjal keluar, dan aku masih bersama kalian, maka akulah yang akan melindungi kalian darinya. Namun, jika ia keluar dan aku tidak lagi bersama kalian, maka setiap orang harus bisa melindungi dirinya sendiri. Allah adalah pelindung bagiku dan setiap Muslim. Barang siapa dari kalian berjumpa dengannya, hendaklah ia bacakan awal surat al-Kahfi. Sebab, itu akan melindungi kalian dari fitnahnya."

Selain al-Kahfi, terdapat doa lainnya yang dapat dibaca agar terhindar dari fitnah dajjal. Dilansir dari Islam Pos, berikut doanya:

Allaahumma inni a’uudzubika min ‘adzaabil qabri wa min ‘adzaabinnaari jahannama wa min fitnatil mahyaa wal mamaati wa min fitnatil masiihid dajjal.”

Artinya: “Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari siksa neraka jahannam, dari siksa kubur, dari fitnah kehidupan dan kematian, dan dari kejahatan fitnah al-masikh ad-Dajjal.” (Hadis riwayat Imam Muslim dari Anas dan Abu Hurairah).

Semoga kita semua senantiasa di dalam lindungan dan rahmat Allah SWT. Perbanyaklah ibadah dan berbuat kebaikan seakan-akan hari ini merupakan hari terakhir kita hidup di dunia..
 



(SYI)

Berita Lainnya