Sakit Tak Kunjung Sembuh, Coba Amalkan Doa Ini

Foto: Pexels.com Foto: Pexels.com

Apakareba: Semua orang pasti pernah merasakan yang namanya sakit. Entah itu sakit karena luka yang diderita, bakteri, virus, hingga parasit. Tak jarang juga, penyakit yang diderita tak kunjung sembuh hanya dengan meminum obat dari dokter.

Dalam ajaran Islam, selain berusaha atau ikhtiar, kita juga harus menyeimbanginya dengan berdoa. Salah satu orang bijak pernah mengatakan “Doa tanpa usaha adalah bohong dan usaha tanpa doa adalah sombong.”

Allah SWT juga telah berfirman dalam Surat Al-Mu’min Ayat 60 yang berbunyi:

Wa qala rabbukumud’uni astajib lakum, innallazina yastakbiruna ‘an ‘ibadati sayadkhuluna jahannama dakhirin

Artinya: “Dan Tuhanmu berfirman: ‘Berdoalah kepada-Ku, niscaya akan Kuperkenankan bagimu. Sesungguhnya orang-orang yang menyombongkan diri dari menyembah-Ku akan masuk neraka Jahannam dalam keadaan hina dina.” 

Dilansir dari NU Online, Rasulullah SAW mengajarkan doa yang dapat dibaca bagi mereka yang merasakan sakit. Ia menyuruh seseorang yang sakit untuk memegang bagian tertentu pada tubuhnya yang nyeri. Berikut doa yang dianjurkan berdasarkan riwayat oleh Imam Muslim.

Bismillah (dibaca 3 kali)

Artinya: “Dengan nama Allah.”

A’udzu billahi wa qudratihi min syarri ma ajidu wa uhadziru (dibaca 7 kali)

Artinya: “Aku berlindung kepada Allah dan kuasa-Nya dari keburukan apa yang kurasakan dan kukhawatirkan.”

Hal itu dikutip oleh Imam An-Nawawi secara lengkap dari hadis riwayat Imam Muslim yang berbunyi:

Diriwayatkan kepada kami dalam Shahih Muslim rahimahullah, dari Utsman bin Abil ‘Ash RA bahwa ia mengadu kepada Rasulullah SAW perihal penyakit yang ia rasakan pada tubuhnya. Rasulullah SAW lalu mengatakan kepadanya, ‘Letakkan tanganmu pada bagian tubuhmu yang dirasa sakit. Bacalah tiga kali, ‘Bismillah’. Lalu, bacalah tujuh kali, ‘A’udzu billahi wa qudratihi min syarri ma ajidu wa uhadziru’’,” (Lihat Imam An-Nawawi, Al-Adzkar, [Damaskus: Darul Mallah, 1971 M/1391 H], halaman 113-114).

Ternyata tak hanya mendoakan orang lain, kita sebagai umat Islam juga bisa mendoakan diri sendiri untuk meminta kesembuhan kepada Allah SWT. Doa ini dapat menjadi alternatif selain ikhtiar yang sudah kalian lakukan. Jangan lupa untuk mengamalkan doa ini sesering mungkin ketika kalian sakit ya!



(SYI)

Berita Lainnya