Perluas Jaringan, Unhas Sepakati Kerja Sama dengan Chang Gung University

Sosialisasi keunggulan kampus di Taiwan yang digelar Taiwan Education Center bersama Unhas beberapa waktu lalu. Foto: Antara/HO-Unhas Sosialisasi keunggulan kampus di Taiwan yang digelar Taiwan Education Center bersama Unhas beberapa waktu lalu. Foto: Antara/HO-Unhas

Makassar: Universitas Hasanuddin (Unhas) bersama Chang Gung University, Taiwan, bersepakat menjalin kerja sama dalam bidang pengembangan tridarma perguruan tinggi. Kesepakatan itu sekaligus meningkatkan kemitraan internasional.

Direktur Komunikasi Unhas, Suharman Hamzah, menjelaskan kerja sama itu bermula ketika dirinya mengikuti program 'The Sixth Taiwan-Indonesia Higher Education Virtual Forum' yang menghadirkan berbagai perguruan tinggi di Indonesia dan Taiwan.

Sebagai tindak lanjut dari kegiatan tersebut, Unhas kemudian melakukan perbincangan dan diskusi bersama dengan universitas bereputasi internasional yang ada di Taiwan. Selain itu untuk memperluas kemitraan secara internasional.

Baca: Diduga Cabuli Siswi SMP, Perwira Polda Sulsel Dinonaktifkan

Untuk itu, Unhas sepakat melakukan Penandatanganan Nota Kesepakatan (MoU) dan perjanjian kerja sama (PKS) dengan Chang Gung University dalam bidang tridarma. Khususnya untuk program pertukaran mahasiswa dan dosen.

"Unhas ingin berperan aktif dalam peningkatan kualitas dan kapabilitas pada dunia internasional. Sehingga, Unhas sangat terbuka untuk menjalin kemitraan tidak hanya dalam negeri," kata Suharman, demikian dikutip dari Antara, Rabu, 2 Maret 2022.

Proses MoU terlaksana melalui pengiriman naskah kerja sama pada masing-masing perguruan tinggi. Perjanjian kerja sama tersebut dijadwalkan berlangsung untuk lima tahun ke depan dengan beberapa agenda kegiatan yang telah disepakati.

Suharman menambahkan, Unhas terus berupaya untuk mengoptimalkan pelaksanaan mandat sebagai perguruan tinggi melalui berbagai langkah strategis. Oleh karenanya, perluasan kemitraan perlu dilakukan agar tercapai hasil secara optimal.

Baca: Kejar Target, Pemprov Sulsel Ajak Pengurus RT/RW Data Warga Belum Divaksin

"Juga menjangkau secara global dengan universitas yang mempunyai reputasi dengan tujuan membangun sinergitas dan kolaborasi ilmiah," jelas dia.

Ia berharap dengan adanya kerja sama tersebut dapat memberikan dampak positif terhadap pengembangan Unhas dalam berbagai bidang. Sekaligus, menjadi langkah strategis Unhas untuk terlibat secara global.



(UWA)

Berita Lainnya