Mendag Pastikan Harga Kebutuhan Pokok di Sulsel Stabil

Mendag Agus Suparmanto saat mengunjungi pasar Pa'baeng-baeng di Makassar, Sulawesi Selatan, Rabu, 20 November 2019. Medcom.id/Muhammad Syawaluddin Mendag Agus Suparmanto saat mengunjungi pasar Pa'baeng-baeng di Makassar, Sulawesi Selatan, Rabu, 20 November 2019. Medcom.id/Muhammad Syawaluddin
Makassar: Menteri Perdagangan, Agus Suparmanto, mengunjungi Pasar Pa'baeng-baeng, Makassar. Agus memantau langsung harga kebutuhan pokok jelang Natal dan Tahun Baru.

"Kunjungan ini tahap awal untuk melihat stabilitas harga kebutuhan pokok di pasar-pasar untuk stabilisasi harga," kata Agus di Makassar, Sulawesi Selatan, Rabu, 20 November 2019.

Agus menjelaskan bahwa harga barang atau kebutuhan pokok yang ada di pasar Pa'baeng-baeng tersebut stabil atau tidak melebih harga eceran tertinggi yang telah ditetapkan oleh pemerintah.

"Harga disini bagus artinya masih di bawah harga eceran tertinggi jadi ini masih stabil," jelas Agus.

Sebagai upaya untuk mempertahankan stabilitas harga di pasar-pasar, Agus mengatakan bahwa pihaknya telah memasang monitor harga kebutuhan pokok. Sehingga masyarakat bisa memantau harga yang sesuai saat itu.

"Disini ada pantauan harga. Kami menaruh monitor supaya pedagangan bisa tahu harga tertinggi pasar. Jadi kalau ada lewat lebih dari HET. Kita akan adakan operasi pasar," ungkap Agus.

Agus menyampaikan bahwa kunjungan ini dilakukan bukan hanya di Kota Makassar, saja tapi juga di wilayah lain. Tapi Makassar dipilih karena sebagai tolak ukur daerah di Indonesia bagian timur.

Adapun pantauan harga di Pasar Pa'baeng-baeng Makassar, seperti beras kelas premium Rp12 ribu per kilogram, minyak goreng Rp12 ribu per liter, gula pasir Rp12 ribu per kilogram.

Harga telur ayam negeri Rp42 ribu per rak, yang berisi 30 butir, jadi harga per butir Rp1.400. "Harga naik karena maulid, sebelumnya hanya Rp38 ribu per rak," kata Diswan, 52, pedagang telur.

Sementara harga ayam potong Rp48 ribu per ekor, seberat 2,85 kilogram. Lalu harga bawang merah Rp25ribu per kilogram, bawang putih Rp26 ribu per kilogram, cabai merah Rp20 ribu per kilogram.

Harga daging sapi juga masih normal, antara Rp100 ribu hingga Rp120 ribu per kilogram. Harga daging tetelan antara Rp50 ribu - Rp60 ribu per kilogram.

(IDM)