Sejumlah Masjid di Makassar Gelar Salat Gerhana dengan Protokol Kesehatan

Foto: Pexels.com Foto: Pexels.com

Apakareba: Fenomena gerhana bulan total perigee atau lebih dikenal dengan super blood moon terjadi kemarin, Rabu, 26 Mei 2021. Dalam kesempatan itu, sejumlah masjid di Kota Makassar menggelar salat gerhana bulan atau salat khusuf. Mengingat pandemi covid-19 masih melanda, salat sunah ini digelar dengan protokol kesehatan ketat.

Kepala Kanwil Kemenag Sulawesi Selatan (Sulsel), Khaeroni, telah menyosialisasikan penerapan protokol kesehatan bagi tempat yang menggelar salat khusuf. Hal ini diakui pengurus Masjid Fatul Jihad, Nur Alim. Dia menyebutkan seluruh jemaah yang masuk masjid harus menggunakan masker dan sudah berwudu dari rumah.

"Selain itu, (para jemaah) juga diminta untuk menjaga jarak, sehingga mereka lebih mematuhi protokol kesehatan demi kemaslahatan bersama," kata Nur Alim, Rabu, 26 Mei 2021, seperti dilansir dari Antara.

Pengurus Masjid Raya Makassar, Ustaz Muhammad Syahril, pun mengakui hal yang sama. Tetapi, dia mengatakan penerapan protokol kesehatan ini sudah dilakukan sejak izin beribadah di masjid keluar.

Baca juga: Deretan Mitos Supermoon, Disebut Bisa Buat Orang Jadi Gila hingga Keluarnya Raja Iblis

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Wilayah IV Makassar menyatakan proses gerhana bulan total ini berlangsung sekitar 5 jam pada Rabu, 26 Mei 2021. Jelang salat Magrib hingga sekitar pukul 18.45 WITA, bulan sudah terpantau tertutup 90 persen. Bulan purnama sudah kembali normal sekitar pukul 20.30 WITA.



(SYI)

Berita Lainnya