Begini Cara Merayakan Hari Kebangkitan Nasonal di Tengah Pandemi Covid-19

Ilustrasi/Medcom.id Ilustrasi/Medcom.id

Apakareba: Hari ini, seluruh masyarakat Indonesia merayakan Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) 2021. Hari Kebangkitan Nasional diperingati setiap 20 Mei berdasarkan Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 1 Tahun 1985 dan Keppres Nomor 18 Tahun 2002.

Harkitnas pertama kali diperingati pada masa pemerintahan Presiden Soekarno di Yogyakarta pada 1948. Berdasarkan sejarah, peringatan Harkitnas didasari terbentuknya organisasi pemuda Budi Utomo pada 1908.

Pada Harkitnas, masyarakat diharapkan bisa memperkuat kepribadian bangsa, mempertahankan semangat persatuan dan kesatuan, hingga meningkatkan rasa kebanggan terhadap Tanah Air. Sehingga tema yang diangkat pada tahun ini adalah ‘Bangkit! Kita Bangsa yang Tangguh’. 

Tema tersebut bermakna semangat kebangkitan nasional agar semua orang dapat optimistis dalam menghadapi segala rintangan sebagai penerus bangsa. Apalagi mengingaat saat ini Indonesia masih dilanda pandemi covid-19, sehingga kita tetap harus semangat unjuk memajukan bangsa di tengah kesulitan yang ada.

Lalu, bagaimana cara merayakan Harkitnas 2021 di tengah pandemi covid-19? Karena masyarakat diimbau untuk menghindari kerumunan dan mengurangi mobilitas, berikut cara merayakan Harkitnas 2021 dengan aman di rumah.

1. Menyuarakan Harkitnas 2021 di media sosial

Zaman sekarang, tampaknya hampir semua orang dari berbagai macam usia maupun lapisan memiliki akun media sosial. Dari pada mengunggah suatu hal yang tidak penting, lebih baik kalian meramaikan jagat media sosial dengan ikut merayakan Harkitnas 2021. Bagikan pesan-pesan optimis yang sejalan dengan Harkitnas. Kalian dapat mengunggah pesan-pesan tersebut dalam bentuk video, tulisan, hingga gambar melalui berbagai platfrom media sosial, seperti Twitter, Instagram, dan Facebook.

2. Mempelajari sejarah

Di sekolah, pasti kalian sering diingatkan oleh guru kalian bahwa kita tidak boleh melupakan sejarah. Pernyataan itu memang betul adanya karena dengan mempelajari sejarah kita bisa mengetahui latar belakang dari peristiwa yang terjadi pada masa kini.

Jika kalian lelah untuk membaca buku sejarah, cobalah untuk menonton film tentang sejarah di rumah. Deretan film sejarah yang dapat kalian nikmati, seperti film Guru Bangsa Tjokroaminoto (2015), Kartini (2017), hingga Sang Pencerah (2010).

3. Mengingat jasa tokoh yang mempelopori Kebangkitan Nasional

Sebelum mempelajari tentang Hari Kebangkitan Nasional lebih dalam, sebaiknya kalian mengenal profil singkat para tokoh-tokoh Kebangkitan Nasional. Ke lima tokoh Kebangkitan Nasional meliputi Dr Douwes Dekker, RM Soewardi Soerjoningrat, dr Tjipto Magoenkoesoemo, Wahidin Soedirohoesodo, dan Soetomo. Dengan mengenal tokoh-tokoh tersebut, kalian bisa lebih mendalami makna dari Hari Kebangkitan Nasional. Semangat Kebangkitan Nasional juga akan tumbuh bila kalian menjadikan tokoh-tokoh tersebut sebagai panutan dalam hidup.



(SYI)