Tips Rayakan Tahun Baru Imlek di Tengah Pandemi Covid-19

Merayakan Tahun Baru Imlek 2021 di rumah/Pexels.com Merayakan Tahun Baru Imlek 2021 di rumah/Pexels.com

Apakareba: Imlek merupakan tahun baru Cina yang dirayakan oleh masyarakat keturunan Tionghoa. Terdapat berbagai macam tradisi untuk merayakan tahun baru tersebut. Mulai dari berkumpul bersama keluarga, mengenakan pakaian serba merah, memberikan angpao, berdoa di kelenteng, hingga saling memberikan hadiah.

Tetapi, Tahun Baru Imlek 2021 akan berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Pandemi covid-19 yang sedang melanda dunia, memaksa kita untuk meminimalisasi kontak dengan orang lain. 

Lantas, apa yang bisa dilakukan agar Imlek tahun ini tetap meriah? Dilansir dari berbagai sumber, berikut tips merencanakan perayaan tahun baru imlek di tengah pandemi covid-19.

Mendekorasi rumah 

Habiskan waktu bersama keluarga untuk mendekorasi rumah dengan hiasan bernuansa Imlek yang biasa didominasi dengan warna merah dan emas. Terdapat berbagai macam aksesoris yang bisa kalian beli secara online untuk meramaikan rumah kalian, seperti lampion merah, bunga meihua, boneka kerbau hoki, hingga kipas ukuran besar. 

Mengirimkan hadiah untuk keluarga dan kerabat

Tradisi yang biasa dilakukan di saat tahun baru imlek adalah bertukar hadiah. Tetapi, kondisi sekarang ini tidak mendukung hal itu untuk terjadi secara langsung. 

Dengan hadirnya berbagai macam ekspedisi di Indonesia, mengirimkan hadiah untuk keluarga dan kerabat menjadi satu-satunya pilihan agar tradisi tersebut tetap bisa dijalankan. Bingkisan yang dapat kalian kirimkan, mulai dari angpao, buah-buahan, manisan, hingga aneka kue. 

Membersihkan rumah

Sehari sebelum imlek, biasanya masyarakat keturunan Tionghoa akan membersihkan rumah. Hal ini dipercayai dapat membuang segala kotoran yang menumpuk dan menghalangi datangnya keberuntungan. 

Mengingat pandemi covid-19, kalian bersama keluarga bisa membersihkan rumah dengan menggunakan disinfektan. Selain menjalankan tradisi, virus korona juga dibasmi agar keluarga tetap berada di dalam lingkungan yang aman.

Persiapkan makan malam

Makanan merupakan salah satu elemen yang dapat mempersatukan keluarga. Persiapkan makan malam khusus tahun baru imlek dengan menghidangkan makanan khas imlek, seperti manisan segi delapan, kue keranjang, olahan daging babi, olahan ayam atau bebek, hingga jeruk.

Kalian bisa memasak berbagai macam menu khas imlek tersebut bersama keluarga agar semakin seru. Apabila tidak mau repot, kalian juga bisa memesan makanan dari restoran chinese food atau restoran lainnya yang menyediakan menu khas imlek. 

Bertemu keluarga dan kerabat secara virtual

Apabila covid-19 menghalangi kalian untuk bertemu secara langsung dengan keluara besar, bertemu secara virtual bisa menjadi pilihan terbaik. Kalian bisa mengadakan pertemuan secara virtual saat tahun baru imlek dengan menggunakan aplikasi, seperti Zoom.

Ketika ingin membuat suasanya menjadi lebih meriah, kalian bisa menggunakan virtual background bernuansa Imlek. Selain itu, kalian juga bisa mengadakan acara makan bersama secara virtual agar lebih terasa kebersamaannya.



(SYI)

Berita Lainnya