Amalan Apa yang Pertama Kali Dihisab di Hari Kiamat?

Foto: Pexels.com Foto: Pexels.com

Apakareba: Selama menjalani hidup di dunia, umat Islam harus beribadah kepada Allah SWT. Terdapat banyak amalan yang bisa dilakukan oleh seseorang untuk mendapatkan pahala sebagai bekal di akhirat. Mulai dari salat, sedekah, zikir, hingga puasa.

Kita juga harus menyadari bahwa kehidupan yang kita jalani saat ini bersifat sementara dan akan segera berlalu. Sedangkan, kehidupan yang kekal berada di alam akhirat. Untuk itu, sangat dianjurkan bagi umat muslim agar berbuat baik dan banyak beribadah selama di dunia.

Pada hari kiamat kelak, seluruh amalan yang kita laksanakan di dunia akan dilihat dan ditimbang ketika kita dikumpulkan di Padang Mahsyar. Tak jarang, banyak juga umat muslim yang bertanya-tanya amalan apa yang pertama kali dihisab di hari kiamat. 

Dilansir dari Republika, ternyata amalan pertama yang akan dihisab di hari kiamat, yakni salat. Ya, ibadah wajib yang kita kerjakan sebanyak lima kali dalam sehari itu merupakan amalan yang pertama kali dihisab di pengadilan Allah SWT. Hal ini seperti diriwayatkan dari Abu Hurairah RA yang berbunyi:

Baca juga: Ingin Disegerakan Naik Haji? Yuk, Amalkan Doa dan Selawat Ini!

“Aku mendengar Rasulullah SAW bersabda, ‘Amalan hamba yang pertama kali dihisab hari kiamat adalah salat, jika salat itu bagus, dia beruntung dan berhasil, jika cacat dia menyesal dan merugi. Bila sholat wajibnya tidak sempurna’, Allah SWT berkata, ‘Lihatlah apakah hamba-Ku punya amalan sunnah sehingga bisa menutupi amalan wajibnya, dengan demikian tertutup segala amalnya’.” 

Atas dasar tersebut, sebaiknya kita sebagai orang yang beriman janganlah meninggalkan salat lima waktu. Terlebih, salat juga merupakan rukun Islam yang kedua. Sehingga ibadah ini wajib hukumnya untuk dikerjakan setiap umat muslim.



(SYI)

Berita Lainnya