Coba 5 Makanan Ini Untuk Turunkan Kolesterol Anda Pasca Lebaran

Ilustrasi-Pexels Ilustrasi-Pexels

Apakareba: Walaupun nikmat, hidangan khas lebaran seperti olahan daging dan aneka sajian bersantan tentu berisiko  membuat kolesterol dalam tubuh Anda naik. Kadar kolesterol  yang berlebihan dapat meningkatkan risiko  Anda terkena penyakit berbahaya seperti penyakit jantung atau stroke.

Tapi jangan khawatir, Tim ApaKareba.id telah membuat daftar makanan yang dapat menurunkan kadar kolesterol Anda. Dihimpun dari berbagai sumber, berikut daftarnya:

1. Buah alpukat

Tahukah Anda, dalam sebuah penelitian pada 2015, didapatkan hasil orang yang rutin diet makan satu buah alpukat setiap hari, kadar kolesterol jahat (LDL) cenderung lebih rendah.

Selain itu alpukat juga kaya akan lemak tak jenuh tunggal, serat, dan nutrisi seperti fitosterol serta polifenol yang tentunya sangat bermanfaat untuk tubuh.

Baca juga: Identik dengan Iduladha, Berikut 10 Makanan dari Berbagai Daerah yang Jarang Diketahui

2. Sayur hijau

Sayuran hijau seperti bayam, kangkung, sawi, brokoli dan sayur hijau lainnya termasuk jenis makanan yang dapat menurunkan kolesterol tinggi di tubuh Anda.

Aneka sayuran berdaun hijau tersebut dapat menurunkan kadar kolesterol dengan cara mengikat asam empedu dan membuat tubuh mengeluarkan lebih banyak kolesterol.

Tidak hanya itu, kandungan zat lutein dalam sayuran berdaun hijau juga terbukti mencegah terbentuknya plak pada dinding pembuluh darah arteri.

 

3. Bawang putih

Banyak sekali khasiat dari si kecil putih yang satu ini. Bawang putih telah dipercaya ribuan tahun digunakan sebagai bahan masakan dan obat herbal.

Bawang yang memiliki nama latin Allium sativum itu, mengandung senyawa allicin yang dapat membantu mengatur tekanan darah agar tetap stabil. Selain itu, bawang putih juga berpotensi membantu menurunkan kolesterol jahat.

Baca juga: 5 Kuliner Khas Sulawesi Selatan yang Cocok Dinikmati Saat Iduladha


4. Aneka kacang

Tidak sembarang jenis kacang yang dapat menurunkan kolesterol Anda. Hanya jenis kacang  seperti almond, kacang tanah, kenari, dan walnut yang dipercaya menurunkan kolesterol tinggi.

Pada dasarnya, kacang-kacangan mengandung asam lemak sehat tak jenuh ganda dan tunggal. Selain itu, kacang-kacangan tersebut juga mengandung vitamin, serat, antioksidan, dan asam lemak omega-3.


5. Gandum utuh

Untuk yang terakhir ada oat dari gandum, sumber karbohidrat ini meliputi olahan gandum seperti oatmeal, tepung oat, dan bubuk oat yang bisa menurunkan kolesterol tinggi.

Dalam sebuah jurnal dari  Harvard Health Publishing, oat mengandung serat larut jenis beta-glukan yang bisa menjaga kesehatan metabolisme tubuh.

Berdasarkan hasil studi yang mengamati populasi minim kasus penyakit jantung koroner, ternyata warga setempat rajin makan asupan kaya serat seperti buah, sayur, dan produk gandum utuh.

Selain upaya dengan menjaga pola makan. Cara alami Untuk terhindar dari kolesterol jahat lainnya yakni dengan rutin melakukan olahraga dan menerapkan gaya hidup sehat.



(NAI)

Berita Lainnya