Sakit Tenggorokan saat Puasa? Ini 5 Cara Mengobatinya

Ketika berpuasa, radang tenggorokan menjadi salah satu masalah kesehatan yang sering terjadi. (Foto: Halodoc) Ketika berpuasa, radang tenggorokan menjadi salah satu masalah kesehatan yang sering terjadi. (Foto: Halodoc)

Ketika berpuasa, radang tenggorokan menjadi salah satu masalah kesehatan yang sering terjadi. Karena perubahan pola makan dan jam tidur saat puasa dapat membuat daya tahan tubuh menurun. Akibatnya, tubuh jadi lebih mudah terserang berbagai virus dan bakteri. 

Lalu, bagaimana caranya supaya puasa tetap lancar meski sedang mengalami sakit tenggorokan? Mengutip dari Halodoc, berikut tips mengobati sakit tenggorokan ketika berpuasa:

1.     Kumur air garam selepas makan sahur dan sebelum tidur

Larutan air garam dipercaya dapat mengurangi iritasi atau peradangan di tenggorokan. Kamu bisa berkumur dengan larutan air garam saat sahur dan sebelum tidur. Ingat, jangan sampai menelan air garam tersebut. Cukup berkumur hingga larutan air garam terasa menyentuh tenggorokan.

2.     Hindari ruangan berudara kering

Apalagi tenggorokan kamu mulai terasa sakit saat puasa, sebaiknya kurangi menghabiskan banyak waktu di ruangan yang udaranya kering. Cuaca panas dan kering dapat membuat tubuh memproduksi lebih sedikit saliva atau ludah. Kondisi ini pun bisa memperburuk peradangan di tenggorokan. Untuk mengatasinya, kamu bisa memasang humidifier atau pelembap. Selain itu, jika berada di ruangan AC, pastikan suhunya tidak terlalu dingin.

3.     Jangan terlalu banyak bicara

Tips selanjutnya adalah kurangi bicara ketika sedang radang dan berpuasa. Terlalu banyak berbicara ketika berpuasa akan membuat tenggorokan terasa kering. Akibatnya, kamu jadi mudah haus dan tenggorokan akan semakin sakit.

4.     Konsumsi asupan sehat yang mudah ditelan

Ketika sakit tenggorokan, pilihlah makanan sehat yang mudah ditelan untuk sahur dan berbuka. Dengan begitu, tenggorokan tidak perlu bekerja terlalu keras. Kamu juga dapat mengonsumsi makanan dan minuman berkuah dan hangat untuk melegakan tenggorokan dan mengurangi rasa nyeri. Selain itu, hindari gorengan dan minuman dingin ketika berbuka puasa.

5.     Istirahat

Istirahat yang cukup dapat membantu tubuh melawan berbagai infeksi. Oleh karena itu, kamu sebaiknya mengurangi aktivitas dan memperbanyak istirahat saat menderita radang tenggorokan. Meskipun puasa mengubah jam istirahat, kamu tetap harus tidur yang cukup selama 7-8 jam sehari, ya!



(UWA)