BPBD Makassar dan Unhas Kerja Sama Susun Rencana Penanggulangan Bencana

Kepala Pelaksana BPBD Makassar Achmad Hendra Hakamuddin dan Ketua LPPM Unhas Prof dr Muh Nasrum Massi melakukan penandatanganan surat perjanjian kerja sama penyusunan RPB kota Makassar di Aula Gedung LPPM Unhas, Makassar, Jumat (2/09/2022). ANTARA/HO-Huma Kepala Pelaksana BPBD Makassar Achmad Hendra Hakamuddin dan Ketua LPPM Unhas Prof dr Muh Nasrum Massi melakukan penandatanganan surat perjanjian kerja sama penyusunan RPB kota Makassar di Aula Gedung LPPM Unhas, Makassar, Jumat (2/09/2022). ANTARA/HO-Huma

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Makassar menggandeng Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Hasanudin (Unhas) untuk memitigasi bencana. Kedua lembaga bekerja sama menyusun Rencana Penanggulangan Bencana (RPB) Kota Makassar. 

“Kerja sama antara BPBD dan Unhas adalah kerjasama swakelola rencana penanggulangan bencana di Makassar,”kata Kepala BPBD Makassar, Achmad Hendra Hakamudin, dilansir dari Antara, Minggu, 4 September 2022. 

Achmad mengatakan RPB disusun berdasarkan analisis risiko dan upaya penanggulangan bencana. Sebelumnya, LPPM Unhas juga sudah menyerahkan dokumen kajian risiko bencana sebagai dasar penyusunan RPB. 

BACA: Pemkab Majene Bangun Food Estate di Atas Lahan Seluas 127 Hektar

Dokumen RPB memuat rencana mitigasi dan kesiapsiagaan bencana. Selain itu, juga dimuat aksi rehabilitasi dan rekonstruksi pascabencana. 

Achmad menjelaskan, dokumen RPB merupakan bagian dari perencanaan pembangunan. Oleh karena itu, RPB tersinkronisasi dengan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD). 

“Dokumen RPB ini sangat penting bagi Pemkot Makassar dalam menyusun perencanaan pembangunan yang dituangkan dalam bentuk  dokumen Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) Kota Makassar,” terang dia. 



(SUR)