Tito Karnavian Ingatkan Pemda Penuhi Target Vaksinasi Covid-19 hingga Akhir Tahun

Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian. Dok. Zoom Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian. Dok. Zoom

Apakareba:  Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian mengingatkan pemerintah daerah (pemda) mempercepat vaksinasi covid-19. Presiden Joko Widodo (Jokowi) ingin vaksinasi dosis pertama mencapai 70 persen pada akhir 2021.
 
"Dalam rangka mencapai target tersebut, maka selama lebih kurang tiga minggu ini kita melakukan percepatan," kata Tito Karnavian dalam keterangan tertulis, dilansir Medcom.id, Senin, 13 Desember 2021.
 
Menurutnya, percepatan dan pemerataan vaksinasi menjadi salah satu fokus utama pemerintah dalam penanganan covid-19. Mendagri mendorong pemda membuat edukasi berkelanjutan dan memperbanyak titik vaksinasi.
 
"Sinergisme juga diperlukan agar target vaksinasi covid-19 tersebut bisa tercapai," ucap mantan Kapolri itu.

Baca juga: Mendagri Dorong Pemprov Sulawesi Tenggara Percepat Vaksinasi Covid-19
 
Mendagri sempat berkunjung ke Sulawesi Tenggara dalam rangka rapat koordinasi dan inventarisasi permasalahan serta kendala percepatan vaksinasi. Mendagri akan mendatangi daerah lain untuk memastikan vaksinasi sesuai target.
 
"Harapannya, kekebalan kelompok segera terbentuk dalam menghadapi pandemi covid-19," tutur Tito.
 
Dia menegaskan kerja sama di setiap level pemerintahan diperlukan untuk mempercepat vaksinasi. Apabila ada kendala di tingkat kabupaten/kota, pemerintah provinsi diminta membantu menyelesaikan persoalan di lapangan tersebut.
 
"Kalau kendala mengumpulkan masyarakat, itu memerlukan kemampuan kolaborasi dengan forkopimda (forum koordinasi pimpinan daerah) sekaligus terobosan kreatif," tutur dia.



(NAI)

Berita Lainnya