Tak Usah Khawatir, Ini Tips Membawa Hewan Peliharaan Pergi Berlibur

Ilustrasi Medcom.id. Ilustrasi Medcom.id.

Apakareba: Kamu sudah siap berlibur akhir pekan? Tapi, sayangnya kamu tak ingin meninggalkan hewan kesayangan di rumah bahkan tak tega menitipkannya. Tak usah khawatir, kamu bisa membawa hewan peliharaanmu pergi berlibur.

Mungkin ini terdengar ribet, tapi berlibur dengan hewan kesayangan bisa jadi pengalaman yang baru. Asal kamu mempersiapkan segala sesuatunya dengan baik, liburanmu bakal nyaman dan hewan peliharaanmu juga aman.

Dilansir dari Inibaru.id, berikut beberapa tips yang bisa kamu lakukan saat ingin membawa hewan peliharaanmu berlibur.

1. Berkemas dengan benar

Pastikan kamu mengemas semua barang yang kamu butuhkan selama perjalanan dengan baik, seperti makanan dan obat-obatan. Semua itu akan kamu butuhkan jika ada penundaan penerbangan akibat cuaca buruk atau sebab lainnya.

Pastikan juga kamu sudah mengisi mangkuk untuk makanan dan air, tali pengikat, kotak P3K hewan, serta mainan favorit hewan ya. Bawa juga persediaan air.

2. Beri makanan pencegah stres

Perjalanan panjang bukanlah hal yang mudah. Banyak hewan peliharaan yang merasa perjalanan panjang sangat menegangkan. Karena itu, pastikan kamu sudah mengantisipasinya dengan memberikan makanan pencegah stres.

Kalau belum pernah memberinya, kamu bisa berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter hewan atau toko makanan hewan ya.

3. Pasang alat pelacak

Kehilangan hewan peliharaan adalah mimpi terburuk pemiliknya. Terutama ketika berada di lokasi asing.

Namun, microchipping atau pelacak mikro bisa membantu hewan peliharaan yang tersesat atau terpisah dari keluarganya agar dapat bertemu kembali. 

4. Pahami aturan tempat tujuan

Sebelum pergi, kamu perlu memahami aturan tempat tujuan. Salah satunya, bagaimana pedoman mengemudi dengan hewan peliharaan. Ada lho negara yang mengharuskan anjing dikekang di dalam mobil dengan sabuk pengaman khusus.

Namun, kamu disarankan untuk menempatkan hewan peliharaan di dalam kotak khusus yang nyaman.

5. Jaga kondisi hewan tetap sehat

Jika hewan peliharaanmu sedang tak dalam kondisi sehat, jangan paksakan mereka untuk berlibur. Kamu bisa berkonsultasi dulu dengan dokter hewan terkait keadaannya.

Selain itu, sebaiknya periksa apakah maskapai yang mau kamu tumpangi mengizinkan hewan dibawa terbang. Beberapa jenis binatang dilarang karena masalah pernapasan yang disebabkan oleh moncong panjang mereka.

Itu dia beberapa tips mengajak hewan peliharaan berlibur. Semoga membantu.



(RAI)

Berita Lainnya