Mudik Bawa Bayi? Berikut Tips Mudik Agar Tetap Nyaman dengan si Kecil

ilustrasi- orang tua dan anak sedang mudik. Foto: Pexels ilustrasi- orang tua dan anak sedang mudik. Foto: Pexels

Apakareba: Mudik atau pulang kampung adalah tradisi tahunan di Indonesia. Nah, bagi Anda yang tahun ini mudik dengan bayi anda. Anda perlu tahu tips untuk membuat bayi tetap nyaman selama perjalanan, terutama mengingat kondisi arus mudik yang ramai dapat membuat bayi rewel.

Melansir Medcom, berikut tips-tips yang bisa orang tua lakukan agar perjalanan mudik bersama sang buah hati tetap nyaman.

1. Cek Kesehatan Anak

Sebelum mudik, ada baiknya periksakan dahulu kesehatan Si Kecil. Moms bisa konsultasikan kondisi kesehatan sang buah hati dengan dokter anak kepercayaan. Jika kesehatannya memang terindikasi kurang baik, sebaiknya pertimbangkan kembali jadwal keberangkatan mudik Anda.

2. Tentukan Moda Transportasi yang Aman

Si Kecil disarankan duduk di car seat yang terpasang pada kursi belakang apabila mudik dengan mobil pribadi. Hal ini untuk menjaga keselamatannya selama perjalanan. Tambahkan juga tirai pada jendela mobil di samping Si Kecil agar ia terhindar dari paparan sinar matahari langsung.
 
Namun, jika Moms memilih mudik dengan moda transportasi umum, seperti pesawat, kereta, atau bus, lebih baik tanyakan terlebih dahulu ketentuan perjalanan bersama bayi dan apa fasilitas pendukung yang didapatkan.

Disarankan juga untuk memilih kursi terdepan atau kursi dekat dengan toilet ketika Anda mudik dengan transportasi umum bersama bayi, supaya Anda memiliki ruang ekstra dan muda mengganti popok Si Kecil selama perjalanan.

3. Siapkan Perlengkapan Kebutuhan Bayi

Moms sebaiknya menyiapkan dua tas untuk perlengkapan Si Kecil. Tas pertama berisi kebutuhan utama bayi, seperti popok, tisu, makanan bayi, susu formula, selimut, sejumlah baju, kotak P3K, dan mainan. Letakan tas ini di tempat yang mudah dijangkau.
 
Sementara itu, tas kedua adalah tas yang berisi peralatan mandi, gendongan bayi, pokok cadangan, baju cadangan, dan barang lain yang mungkin akan digunakan nantinya.

4. Tentukan Waktu Perjalanan

Menentukan waktu perjalanan adalah hal yang harus dilakukan jika Bunda mudik bersama Si Kecil. Apabila mudik dengan transportasi umum, pilihlah waktu perjalanan saat bayi tidur, seperti siang hari setelah makan. Dengan begitu, Si Kecil akan lebih sering terlelap selama perjalanan.

5. Perhatikan Kebutuhan Makan dan Minum

Kebutuhan makan dan minum si Kecil harus diperhatikan dan dicukupi selama perjalanan mudik. Asupan makan dan minum yang cukup dapat mencegah bayi terkena sejumlah masalah kesehatan, seperti mabuk perjalanan, dehidrasi, sembelit, atau diare.
 
Catatan penting jika Moms mudik menggunakan moda transportasi pesawat, yakni Si Kecil sebaiknya disusui saat pesawat lepas landas dan mendarat. Hal ini bertujuan untuk mencegah telinganya nyeri akibat perubahan tekanan udara di pesawat.

6. Ajak Si Kecil Berinteraksi

Salah satu cara agar Si Kecil tetap anteng selama perjalanan mudik adalah dengan membuat suasana senyaman mungkin untuknya. Moms bisa mengajaknya berinteraksi, bermain, atau membacakan buku.
Berikan juga pijatan-pijatan lembut pada tubuh bayi supaya ia tidak merasa pegal-pegal dan tetap rileks. 



(FPR)