Yakin Cara Cas HP Anda Sudah Benar? Ini Cara Jaga Kondisi Baterai

ilustrasi charger handpone. Foto: Medcom.id ilustrasi charger handpone. Foto: Medcom.id

Apakareba: Sebagian orang belum menyadari cara mengisi daya baterai pada handphone atau gawainya salah. Sehingga, tak jarang kebiasaan cara cas baterai yang salah ini membuat baterai boros akibat bocor atau kembung.

Lalu bagaimana cara isi daya HP yang benar? Melansir berbagai sumber, ini tips mengisi daya baterai HP yang baik untuk menjaga kesehatan baterai:

1. Gunakan charger asli

Pertama, gunakan charger asli bawaan pabrikan karena charger asli sudah diatur untuk bisa mengisi baterai HP dengan baik. Hindari menggunakan charger palsu atau yang tidak sesuai dengan model HP karena setiap charger yang digunakan memiliki kinerja dan kapasitas yang berbeda. 

Jika pemilik HP menggunakan charger yang tidak original, atau contohnya charger kurang sesuai, maka hal tersebut dapat mengurangi umur penggunaan baterai.

2. Hindari cas hingga 100 persen

Jangan mengisi baterai HP sampai 100 persen karena lebih ideal bagi HP untuk diisi daya sampai kapasitas 80 atau 90 persen saja. Jika kapasitasnya sudah mencapai 80 atau 90 persen, lebih baik untuk segera mencabut charger. Hal ini dapat membantu memperpanjang umur baterai HP.

3. Matikan HP saat isi daya

matikan HP saat mengisi daya dapat membantu menghindari overcharging dan memperpanjang umur baterai HP. Selain itu dapat mempercepat pengisian baterai lantaran tidak ada aplikasi yang berjalan di belakang layar.

4. Jangan cas ketika daya 0 persen

Hindari mengisi daya baterai HP ketika baterai benar-benar habis Sebaiknya, isi daya baterai HP ketika kapasitas baterai masih tersisa sekitar 20-30 persen.

Nah itu dia Sob beberapa tips tentang bagaimana cara mengisi daya HP yang benar. Semoga membantu!



(FPR)