Cuma 15 Menit! Begini Cara Mudah Bersihkan Dapur Berantakan

Tips membersihkan dapur dengan cepat dan mudah. Foto: Shutterstock Tips membersihkan dapur dengan cepat dan mudah. Foto: Shutterstock

Apakareba: Menjaga kebersihan dapur sangatlah penting agar Anda dan anggota keluarga lainnya bisa selalu nyaman beraktivitas. Dapur yang bersih juga membantu Anda sekeluarga tetap sehat. Karena itu, penting membersihkan dapur secara rutin.

Namun, membersihkan dapur seringkali menjadi kegiatan yang melelahkan. Selain itu, kegiatan bersih-bersih ini pun kerap kali memakan waktu yang lama.

Jika Anda tidak memiliki waktu untuk membersihkan dapur, ada beberapa cara yang bisa dilakukan. Dilansir dari Medcom.id, berikut cara mudah membersihkan rumah hanya dalam 15 menit.

1. Cuci piring dan peralatan masak

Cuci semua peralatan bekas makan, seperti piring, sendok, gelas terlebih dahulu. Peralatan makan biasanya memiliki sedikit noda dibanding peralatan masak.
 
Setelah itu, cuci semua peralatan masak, seperti wajan, panci, spatula dengan bersih. Jika ada peralatan yang berminyak, Anda bisa menggunakan air hangat pada sabun.
 
Jika peralatan masak meninggalkan noda yang sulit seperti kerak, Anda bisa menggunakan baking soda.

2. Bersihkan wastafel

Setelah mencuci semua peralatan, jangan lupa untuk membersihkan wastafel. Anda bisa menggunakan sabun yang dicampur dengan air panas.
 
Gosok pinggiran wastafel agar tak ada noda yang tersisa dari bekas cucian peralatan Anda. Penting menjaganya bersih, agar bakteri dan kuman tidak menjalar ke bagian dapur lain.

3. Bersihkan kompor

Bersihkan kompor dari sisa-sisa makanan bekas memasak. Biasanya kompor terkena cipratan minyak hingga masakan. Gunakan pembersih kompor atau Anda bisa menggunakan sabun, namun harus Anda bilas.
 
Setelah itu, lap meja di dapur dengan pembersih khusus, atau air biasa. Jangan lupa keringkan dengan lap.

4. Bersihkan sampah

Saat memasak terutama dalam jumlah besar, pasti tempat sampah di dapur Anda menumpuk. Jangan lupa untuk membuangnya. Sebab, sampah menumpuk bisa mengundang bakteri dan kuman.

5. Sapu dan pel

Terakhir, menyapu lantai dan mengepelnya. Ini sangat penting karena setelah memasak pasti banyak sampah dan noda di lantai dapur Anda. Jangan lupa untuk mengepel agar lantai semakin bersih.

Tips membersihkan dapur

Jika Anda memiliki anggota keluarga yang banyak dan dapur yang luas, tentu pekerjaan terasa sulit. Namun, hal tersebut justru menjadi keuntungan. Ajak seluruh anggota keluarga Anda untuk saling membersihkan dapur.
 
Membersihkan dapur setelah makan adalah urusan keluarga. Bagilah tugas antara anggota keluarga agar membersihkan dapur bisa dilakukan dalam waktu singkat.
 
Biasakan anggota keluarga untuk mencuci piring mereka sendiri setelah makan. Kegiatan bersih-bersih dapur bersama keluarga tidak akan terasa berat jika dilakukan secara gotong royong. (Monique Handa Shafira)



(UWA)

Berita Lainnya