7 Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Mudik dengan Mobil Pribadi

Ilustrasi mobil. Foto: 99.co Ilustrasi mobil. Foto: 99.co

Jakarta: Selain menggunakan kendaraan umum saat melakukan perjalanan mudik, tak sedikit yang memilih menggunakan kendaraan pribadi. Salah satunya menggunakan mobil.

Menggunakan mobil untuk mudik memang menyenangkan tanpa takut ketinggalan moda transportasi yang ditumpangi. Meski begitu, ada beberapa hal yang harus dilakukan jika Anda memutuskan untuk mudik menggunakan mobil pribadi.

Dirangkum dari 99.co, simak tips yang perlu diperhatikan saat melakukan perjalanan mudik menggunakan mobil:

1. Ganti oli rem dan oli mesin

Seperti bensin, oli adalah bagian yang tak kalah pentingnya dalam sebuah kendaraan karena oli membantu kendaraan bekerja dengan baik dan lancar. Karena itu, oli seperti oli rem dan oli mesin mobil haruslah diganti secara berkala.

Kondisi oli yang bagus juga akan membuat kinerja mesin dan rem mobil bekerja dengan baik. Jadi sebaiknya, satu hari sebelum hari keberangkatan mudik Anda mengganti oli mesin dan oli rem dengan yang baru ya.

2. Cek busi mesin mobil

Busi mobil juga sangat penting untuk diperhatikan bila Anda ingin mudik dengan mobil pribadi. Sesuai anjuran, busi sebaiknya diganti setahun sekali dan diperiksa secara menyeluruh dan berkala.

Kondisi busi yang baik akan membantu proses pembakaran kendaraan lebih optimal sehingga kinerja mesin lebih mudah dan lebih lancar. Jika busi mobil bermasalah, pasti pembakaran tak maksimal dan mesin mudah rusak.

3. Periksa komponen AC mobil

Anda tak ingin kan perjalanan mudik yang panjang menjadi tak nyaman karena AC rusak? Karena itu, komponen AC mobil pun harus selalu diperhatikan agar AC dapat berfungsi normal.

Perhatikan saringan AC nya agar tak jadi kotor, lalu bersihkan dari berbagai debu dan kotoran di dalamnya. Agar hasilnya terasa lebih baik, pastikan Anda melakukannya di satu hari sebelum hari keberangkatan mudik ya!

4. Periksa timing belt

Agar mudik dengan mobil pribadi semakin aman dan nyaman, jangan lupa juga periksa timing belt mobil Anda. Perhatikan apakah timing belt masih bagus atau sudah aus. Bila memang sudah aus, sebaiknya ganti segera.

Timing belt berfungsi untuk memutar camshaft atau noken yang berperan untuk membuka dan menutup klep pada ruang pembakaran mobil.

5. Perhatikan tekanan ban mobil

Jangan lupa, tekanan angin pada ban mobil Anda juga perlu diperhatikan agar pergerakan mobil lebih stabil. Selain itu, periksa juga kaki-kakinya dan pastikan tak ada masalah seperti keretakan atau ketidakseimbangan.

Tak lupa, bawa juga ban cadangan serta perlengkapan seperti kunci pas, kunci inggris, dongkrak, dan segitiga pengaman.

6. Cek filter fuel dan wiper

Cek filter fuel dan pastikan tak ada kotoran yang menempel agar bahan bakar tak kotor. Bahan bakar yang kotor akan mengakibatkan mobil tersendat-sendat dan mesinnya.

Lantas rentan mengalami kerusakan yang bisa merembet. Jangan lupa juga periksa wiper mobil, karet-karet jendela, dan pintu mobil apakah masih bagus atau terdapat beberapa kerusakan.

7. Siapkan bujet cadangan

Hal paling penting terakhir yang harus Anda siapkan untuk mudik dengan mobil pribadi adalah bujet cadangan. Sebab, Anda tak pernah tahu apa yang mungkin terjadi dalam perjalanan, kan? Entah itu terjadi pada Anda, keluarga, atau mungkin kendaraan Anda.

Disitulah gunanya ada bujet cadangan yang dapat menjadi bujet tambahan di kala sesuatu yang tak terduga membutuhkannya. Bila bujet cadangan tak terpakai, Anda masih tetap bisa menggunakannya untuk keperluan lain.



(UWA)

Berita Lainnya