Jangan Menyerah! Ini 5 Solusi Jika Tak Lolos SNMPTN

Ilustrasi: Medcom.id Ilustrasi: Medcom.id

Jakarta: Pengumuman hasil Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) sudah diumumkan kemarin, Selasa, 29 Maret 2022. Nah, bagi yang tidak lolos jalur SNMPTN, jangan menyerah dan putus asa dulu.

Sebab, Anda masih bisa mempersiapkan diri untuk menghadapi jalur masuk perguruan tinggi negeri (PTN) lainnya. Salah satunya, Ujian Tulis Berbasis Komputer Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (UTBK-SBMPTN)

Selain itu, masih ada beberapa solusi yang bisa Anda lakukan. Dirangkum dari Medcom.id, simak lima hal yang bisa diterapkan jika tidak lolos SNMPTN:

1. Persiapkan diri menghadapi UTBK-SBMPTN

Tidak lolos jalur undangan terkadang membuat hati resah. Bahkan, tak sedikit yang menyalahkan diri sendiri lantaran merasa gagal.

Padahal, SNMPTN bukan satu-satunya jalur menuju PTN impian. Masih ada seleksi lain yang patut diperjuangkan, yaitu jalur UTBK-SBMPTN.

Untuk itu, tenangkan diri dan fokuskan pikiran, kemudian carilah informasi penting secara menyeluruh tentang seleksi ini. Pelajari dan perdalam materi-materi ujian agar mampu menghadapi ujian tersebut dengan lebih matang.

2. Ikut try out

Salah satu upaya mempersiapkan diri menghadapi UTBK-SBMPTN ialah rajin mengikuti try out. Dengan mengerjakan simulasi ujian ini, Anda bisa mendapat gambaran mengenai tes yang sebenarnya.

Selain itu, Anda juga bisa memperkirakan seberapa besar peluang masuk jurusan dan PTN yang dituju.

3. Ikut ujian mandiri PTN

Selain UTBK-SBMPTN, masih ada jalur mandiri. Namun, sebelum mengikuti ujian ini, Anda perlu mencari tahu terlebih dahulu apakah PTN yang dituju membuka seleksi mandiri atau tidak.

Proses seleksi mandiri di tiap PTN juga berbeda. Ada yang mengharuskan ujian lagi, namun ada juga yang menyeleksi berdasarkan nilai UTBK-SBMPTN.

Baca: Mau Kuliah di Luar Negeri? Berikut 4 Tips Persiapan Seleksi IISMA 2022

4. Coba perguruan tinggi swasta

Jika masih belum bisa masuk PTN impian usai mencoba jalur SNMPTN, SBMPTN, dan Seleksi Mandiri, tidak ada salahnya mencari tahu perguruan tinggi swasta (PTS) terbaik.

Jangan berkecil hati, sebab kualitas pendidikan PTS saat ini tak kalah bagus dengan PTN. Bahkan, ada jurusan-jurusan tertentu yang ternyata lebih baik daripada PTN.

5. Daftar sekolah kedinasan

Selain PTN dan PTS, Anda juga bisa mendaftar ke sekolah kedinasan. Sekolah ini cukup diminati karena menjanjikan masa depan cerah bagi lulusan.

Setelah lulus dari sekolah kedinasan, Anda bisa langsung bekerja menjadi pegawai negeri sipil (PNS).



(UWA)

Berita Lainnya