Atasi Minyak Goreng Mahal, Ini Tips Menggoreng Makanan Biar Hemat

Tips menghemat pemakaian minyak goreng yang bisa Anda terapkan di rumah. Foto: Inibaru.id/Triawanda Tirta Aditya Tips menghemat pemakaian minyak goreng yang bisa Anda terapkan di rumah. Foto: Inibaru.id/Triawanda Tirta Aditya

Jakarta: Sebagian besar masyarakat Indonesia lebih akrab mengolah makanan dengan cara menggoreng. Sayangnya, harga minyak goreng di pasaran mengalami kenaikan sejak beberapa waktu terakhir.

Namun, menggoreng makanan tidak selalu menggunakan minyak dengan jumlah yang banyak. Agar tidak boros karena harus sering-sering menggoreng, ada beberapa tips yang bisa Anda terapkan di rumah.

Baca: Harga Minyak Goreng Pasti Turun, Masyarakat Tidak Perlu Panik

Dirangkum dari Inibaru.id, berikut tips menghemat pemakaian minyak goreng.

1. Pakailah wajan anti-lengket

Hal pertama yang perlu Anda lakukan untuk menggoreng di tengah krisis minyak goreng adalah memakai wajan anti-lengket. Dengan wajan jenis ini, Anda cukup menggunakan minyak goreng sedikit untuk mengolah makanan seperti telur tanpa perlu khawatir lengket atau kurang matang.

2. Memasak dengan teknik pan fry

Ada cara menggoreng makanan yang bisa menghemat minyak goreng. Cara tersebut adalah teknik pan fry yang berarti hanya memakai minyak dalam jumlah sedikit untuk menggoreng. Bahkan meskipun masakan yang digoreng berukuran cukup besar.

Meski begitu, Anda harus cermat dalam memakai teknik ini saat memasak. Pastikan suhu minyak sesuai untuk menggoreng sehingga hasilnya bisa maksimal.

Baca: Sering Dengar Lagu Galau saat Sedih? Ternyata Ada Manfaatnya!

3. Memakai sendok takar untuk menuangkan minyak

Kebanyakan orang Indonesia langsung menuangkan minyak goreng begitu saja tanpa mengukurnya sebelum menggoreng. Mulai sekarang, Anda bisa menggunakan sendok takar untuk memastikan jumlah minyak yang digunakan tepat sesuai kebutuhan.

Meski terlihat layaknya hal yang berlebihan, hal ini bisa membuat Anda lebih berhemat dalam memakai minyak goreng, lo.

4. Kurangi kebiasaan makan-makanan yang digoreng

Meski bukan termasuk tips menggoreng, mengurangi kebiasaan makan-makanan yang digoreng sepertinya memang perlu Anda lakukan di saat minyak goreng mahal dan langka. Setidaknya, Anda jadi bisa menghemat minyak dan enggak perlu sering-sering mengeluarkan uang banyak hanya untuk membeli minyak goreng.

Kamu bisa lebih sering mengolah makanan dengan cara dikukus atau dipanggang yang sama sekali nggak melibatkan minyak goreng. Enggak perlu khawatir, kuliner Indonesia sangat kaya sehingga kamu pasti bisa menemukan olahan masakan yang lezat meskipun tanpa digoreng.

Baca: Sambut Ramadan, Ini 4 Amalan yang Bisa Anda Lakukan

Lagipula, makanan yang dikukus atau dipanggang juga lebih sehat dan lebih baik buat untuk program diet Anda, bukan? Selain bisa membuat Anda berhemat, mengolah makanan tanpa minyak bisa bikin badan lebih sehat.



(UWA)

Berita Lainnya