imak! Ini yang Harus Dilakukan Jika Menggunakan Toilet Saat Mudik

ilustrasi-toilet. Foto: Pexels ilustrasi-toilet. Foto: Pexels

Apakareba: Saat melakukan perjalan mudik, Perjalanan jauh tentu tak lepas dari masalah menahan buang air. Tak jarang kita mencari toilet umum yang bersih dan aman, namun terkadang tak selalu bersih.

Lalu bagaimana cara menggunakan toilet umum saat mudik yang aman?. Melansir Medcom ada beberapa tips penting yang perlu diperhatikan agar dapat menggunakan toilet umum dengan aman dan nyaman.

1. Tidak sentuh gagang pintu secara langsung

Gagang pintu diketahui menjadi sumber bakteri sebab dipegang oleh banyak orang. Tangan menjadi area yang sering kamu gunakan untuk makan, minum, ataupun menyentuh seperti area wajah.

Menghindari terpaparnya bakteri secara berlebih, kamu bisa menggunakan sikut untuk membuka pintu. Jika sudah selesai, jangan lupa untuk mencuci dengan air dan sabun, baik tangan dan sikutmu.

2. Periksa tempat duduk jika gunakan toilet duduk

Keadaan dudukan toilet harus kering sebelum kamu mulai buang air kecil. Bisa saja cairan yang di sana bukan air, tetapi air seni. Tidak ingin terpapar bukan?

Kamu disarankan untuk selalu membawa tisu, jaga-jaga toilet tidak menyediakan. Lalu kamu membersihkan dengan tisu dan jangan lupa kembali dibersihkan untuk membantu orang lain yang akan masuk setelah kamu.
 

3. Gunakan cairan steril untuk bersihkan toilet duduk

Dudukan toilet bisa kamu bersihkan dengan cairan seperti sanitizer. Lalu kamu gunakan tisu untuk membersihkannya kembali. Kamu bisa semprotkan dari kejauhan 17 hingga 20 sentimeter.

4. Siram dengan bersih

Jangan pernah tinggalkan bau pada toilet umum. Jika kamu menggunakan toilet duduk dengan flush, baiknya tidak menyentuh secara langsung.

5. Cuci tangan

Cuci tangan selalu menjadi bagian paling penting selepas kamu pergi ke toilet umum. Sebab tanganmu mungkin saja sudah terkontaminasi bakteri dari hasil kamu buang air kecil di toilet umum. Maka dari itu, penting untuk mencuci tangan menggunakan sabun secara benar.



(FPR)