Presiden Jokowi Memimpin Apel dan Renungan Suci di TMP Kalibata

Presiden Joko Widodo memimpin ape kehormatan dan renungan suci di Taman Makami Pahlawan (TMP) Nasional Utama, Kalibata, Jakarta, Rabu (17/8/2022) dini hari. (ANTARA/HO-Biro Pers Sekretariat Presiden) Presiden Joko Widodo memimpin ape kehormatan dan renungan suci di Taman Makami Pahlawan (TMP) Nasional Utama, Kalibata, Jakarta, Rabu (17/8/2022) dini hari. (ANTARA/HO-Biro Pers Sekretariat Presiden)

Apakareba: Presiden Joko Widodo (Jokowi) memimpin apel kehormatan dan renungan suci di Taman Makam Pahlawan (TMP) Nasional Utama, Kalibata, Jakarta pada Rabu, 17 Agustus 2022 dini hari. Hal itu dilakukan sebagai bagian dari rangkaian peringatan Hari Ulang Tahun ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia.

Acara tersebut digelar tepat pada pukul 00.00 WIB. Setiba di lokasi, Presiden Jokowi bersama Wakil Presiden Ma’ruf Amin melakukan penghormatan terlebih dahulu di gerbang TMP Kalibata.

Sesudahnya, Presiden Jokowi selaku inspektur upacara memimpin apel kehormatan dan renungan suci.

Dalam pidatonya, Presiden menyatakan penghormatan tertinggi bagi 10.257 pahlawan yang sudah mengabdi dan mengorbankan jiwa raga guna membela Tanah Air dan meneruskan perjuangan.

“Kami menyatakan hormat yang sebesar-besarnya atas keridhaan, keikhlasan, dan kesucian pengorbanan para pahlawan dalam mengabsi, kepada perjuangan demi kebahagiaan nusa dan bangsa,” kata Presiden Jokowi, dikutip dari Antaranews.com, Rabu, 17 Agustus 2022.

Presiden menyebut 9.241 pahlawan dari TNI dan Polri, 904 pahlawan dari Badan Perjuangan, 69 pahlawan dari tokoh nasional, dan 43 pahlawan yang tidak dikenal bersemayam di TMP Kalibata.

Presiden memberikan penghormatan kepada para pahlawan yang tak dikenal baik nama ataupun tempatnya, dari seluruh pelosok Tanah Air.

 

BACA: Presiden Jokowi: Pembangunan IKN Harus Terus Dijaga Agar Berlanjut

 

Kepala Negara juga turut mendoakan supaya para pahlawan dapat diberikan tempat yang layak di sisi Tuhan Yang Maha Kuasa.

“Kami bersumpah dan berjanji, perjuangan para pahlawan adalah perjuangan kami pula dan jalan kebaktian yang ditempuh adalah jalan kami juga. Kami berdoa, semoga arwah para pahlawan diterima oleh Tuhan Yang Maha Esa di tempat yang sebaik-baiknya,” kata Presiden Jokowi.

Sesudahnya, Presiden Jokowi memimpin prosesi mengheningkan cipta. Sedangkan, doa bersama dipandu oleh Menteri Agama, Yaqut Cholil Qoumas.

Kemudian, Presiden melakukan penghormatan terakhir kepada para pahlawan sebelum meninggalkan TMP Kalibata.



(SUR)

Berita Lainnya