Perlukah Memasang Penangkal Petir saat Musim Hujan? Simak Ini

Ilustrasi penangkal petir/Sumber: Qhomemart.com Ilustrasi penangkal petir/Sumber: Qhomemart.com

Apakareba:  Intensitas hujan yang tinggi disertai dengan petir sedang melanda berbagai daerah di Indonesia. Hal ini tentu menjadikan banyak dari kita khawatir dengan datangnya musim hujan.

Tak hanya curah hujan yang tinggi yang menyebabkan banjir, awan hitam mengeluarkan suara gemuruh dan kilatan cahaya yang mengandung listrik juga menjadi hal yang ditakuti.

Tidak sedikit pula fenomena petir yang menyambar ke permukaan tanah. Biasanya petir akan menyerang pohon atau bangunan yang tinggi. Kekuatan petir yang menyambar pada bangunan dapat menyebabkan kerusakan pada peralatan listrik di rumah.

Dengan adanya risiko tersambar petir, maka banyak yang menganjurkan untuk menggunakan penangkal petir di setiap rumah dan bangunan tinggi.

Baca juga: Benarkah Air Hujan Dapat Dikonsumsi Hingga Dijadikan Obat? Ini Penjelasannya

Namun, sebelum menilai urgensi dari penggunaan penangkal petir, yang harus Anda ketahui adalah penangkal petir bukan alat yang dapat menghindarkan rumah dari serangan petir. Penangkal petir memiliki fungsi sebagai penurun daya dari tegangan listrik serta mengalirkan energi petir ke tanah.

Dengan begitu, penangkal petir dapat menyelamatkan rumah maupun bangunan Anda dari lonjakan listrik yang sangat tinggi hingga mengakibatkan kerusakan rumah, ledakan, hingga kebakaran.

Melihat hal tersebut, melindungi rumah dari sambaran petir tentu harus Anda lakukan dengan segera. Namun, tetap saja hal ini disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Sebab, bagi sebagian besar orang, sambaran petir belum menjadi ancaman serius. Terlebih, harga dan biaya pemasangannya tidak murah.



(NAI)