Wamenkes: Kasus Covid-19 Menurun, Masyarakat Jangan Terlena

Wamenkes Dante Saksono Harbuwono melalui akun YouTube Sekretariat Presiden, Kamis, 2 September 2021. Foto: Istimewa Wamenkes Dante Saksono Harbuwono melalui akun YouTube Sekretariat Presiden, Kamis, 2 September 2021. Foto: Istimewa

Apakareba:  Indonesia dinilai berhasil menekan laju penularan covid-19. Wakil Menteri Kesehatan (Wamenkes) Dante Saksono Harbuwono, mengimbau kondisi baik ini perlu disikapi bijak oleh masyarakat.
 
"Menurunnya kasus yang ada di tempat kita bukan membuat kita menjadi terlena," kata Dante, melalui konferensi televideo, Senin, 6 September 2021
 
Melansir Medcom.id, Dante mengatakan Indonesia harus menjaga momentum penurunan kasus covid-19. Sebab, sejumlah negara tetangga tengah mengalami eskalasi kasus covid-19.

"Malaysia masih terjadi terus eskalasi, di Filipina dan Vietnam masih terus terjadi. Sedangkan, kita sudah mulai menurun," ujar Dante.
 
Amerika Serikat, Inggris, dan Israel juga mengalami lonjakan kasus. Padahal, laju vaksinasi di ketiga negara itu cukup tinggi.

Baca juga: Sinergisitas Kepala Daerah dan Satgas Kunci Penurunan Kasus Covid-19
 
"Amerika Serikat angka vaksinasi yang sudah sedemikian baik hingga 52 persen, Inggris 63 persen, Israel 93 persen, tapi terjadi lagi kenaikan kasus tersebut," ujarnya.
 
Menurut Dante, kondisi itu terjadi karena masyarakat abai protokol kesehatan. Karena sudah divaksin dan dianggap bisa terhindar virus covid-19.
 
"Jadi vaksinasi bukan satu-satunya game changer, tetapi merupakan salah satu komponen yang penting untuk dilakukan, namun yang penting adalah menjaga protokol kesehatan masyarakat," kata Dante.



(NAI)

Berita Lainnya