CSR Buat Tiga Desa di Sulawesi Sukses Mengekspor Komoditas Kelautan

Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman (tengah) didamping Chief of Corporate Affairs PT Astra, Riza Deliansyah (dua kanan), Direktur Promosi dan Pemasaran Produk Unggulan Desa Kementerian PDDT, Syahrul (tiga kiri) saat pelepasan produk ekspor di Makassar, Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman (tengah) didamping Chief of Corporate Affairs PT Astra, Riza Deliansyah (dua kanan), Direktur Promosi dan Pemasaran Produk Unggulan Desa Kementerian PDDT, Syahrul (tiga kiri) saat pelepasan produk ekspor di Makassar,

Apakareba.id: Sebanyak tiga Desa Sejahtera Astra (DSA) binaan PT Astra International Tbk di daerah Wakatobi, Bombana, dan Bone di Sulawesi sukses mengekspor komoditas bidang ke berbagai negara seperti India, Pakistan dan Tiongkok. Komoditas yang diekspor antara lain seperti perikanan, rumput laut, dan minyak nilam.

"Melalui ekspor ini kami berharap perekonomian desa bisa terdorong sehingga mampu mengatasi kemiskinan dan pengangguran di desa," ujar Chief of Corporate Affairs PT Astra International, Riza Deliansyah, dikutip dari Antara, Minggu, 14 Agustus 2022.

Riza berharap ke depannya akan lebih banyak lagi program yang dikolaborasikan antara Astra International dengan pemerintah. Tujuannya untuk mendorong perekonomian masyarakat pedesaan agar bisa memberikan kesejahteraan ke masyarakat.

"Sekarang ini ada 930 DSA. Melalui DSA, ada 19 ribu lebih tenaga kerja baru. Ada peningkatan pendapatan masyarakat, 88 persen meningkat. Ada 94 jenis produk unggulan, dengan nilai ekspor sudah mencapai Rp22 miliar," sebut dia.

Sementara itu, Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) mengapresiasi program DSA dari PT Astra International ini. Untuk itu, Kemendes PDTT akan menjadikan dan mengembangkan program DSA sebagai bagian dari rencana strategis tahun 2024. Nantinya, DSA akan jadi komponen program kementerian.



(SUR)

Berita Lainnya