Pemprov Sulsel Masifkan Vaksinasi Booster Kedua Pada Lansia

Tim tenaga kesehatan melakukan vaksinasi kepada dosen Unhas. ANTARA/ HO- Unhas Tim tenaga kesehatan melakukan vaksinasi kepada dosen Unhas. ANTARA/ HO- Unhas

Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan menggencarkan program vaksinasi booster dosis kedua atau suntikan keempat kepada lansia. Upaya itu dilakukan untuk mengantisipasi bertambahnya kasus covid-19. 

Sebelumnya, Dinas Kesehatan Sulsel telah mengeluarkan surat edaran pada 24 kabupaten dan kota di daerah itu. Hal tersebut sesuai edaran Kementerian Kesehatan terkait program vaksinasi bagi lansia.

"Kita sudah mengirimkan edaran ke seluruh kabupaten kota agar fokus melakukan vaksinasi booster bagi lansia untuk memberikan perlindungan tambahan," ujar Kepala Bidang Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Dinkes Sulsel Ardadi, dikutip dari Antara, kamis, 1 Desember 2022. 

Per 30 November 2022, Dinkes Sulsel mencatat 102.375 lansia yang telah menjalani vaksinasi ketiga atau booster dosis pertama. Sementara itu, vaksinasi kedua sudah mencapai 392.825 orang.

Ardadi menyebut saat ini belum ada pergerakan signifikan terhadap cakupan vaksinasi ketiga pada lansia. Sebab edaran Kemenkes untuk fokus booster lansia juga baru diterapkan.

Sebelumnya, Kemenkes mengambil kebijakan booster bagi lansia yang tercantum dalam Surat Edaran Nomor HK.02.02/C/5565/2022 tentang Vaksinasi Covid-19 Dosis Booster yang dikeluarkan pada 22 November 2022.

Baca Juga: 1.207.937 Masyarakat Sulsel Sudah Divaksinasi



(SUR)

Berita Lainnya