Jokowi: Indonesia Berkomitmen Net Zero Emissions 2060

Presiden Joko Widodo di KTT G20, Roma, Italia. Foto: Biro Pers Sekretariat Presiden Presiden Joko Widodo di KTT G20, Roma, Italia. Foto: Biro Pers Sekretariat Presiden

Apakareba:  Presiden Joko Widodo (Jokowi) menegaskan Indonesia berkomitmen menurunkan emisi gas rumah kaca sesuai target yang tertuang dalam dokumen kontribusi nasional atau NDC. Indonesia akan memenuhinya sesuai Perjanjian Paris.
 
"Indonesia memilih bekerja memenuhi komitmen. Komitmen NDC Indonesia sejauh ini sudah berada di jalur yang benar. Indonesia juga menargetkan net zero emission 2060 atau lebih awal dengan dukungan internasional," kata Jokowi kepada Presiden Prancis Emmanuel Macron di Hotel Splendide Royal, Roma, Italia, dilansir Medcom.id, Minggu, 31 Oktober 2021.
 
Jokowi menyampaikan di tengah meningkatnya kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di banyak negara, di Indonesia justru membaik. Saat ini, karhutla berada pada titik paling rendah dalam 20 tahun terakhir. Indonesia juga berhasil menurunkan tingkat deforestasi secara signifikan.

Baca juga:  Survei: Generasi Milenial Sangat Peduli Isu Kerusakan Lingkungan

"Saya akan restorasi hutan bakau hingga 600 ribu hektare dalam tiga tahun ke depan. Ini akan menjadi konservasi hutan mangrove terbesar di dunia," ujarnya.
 
Terkait isu energi, Jokowi menyampaikan pada Agustus 2021, telah mencanangkan transformasi Indonesia menuju energi baru dan terbarukan. Indonesia juga akan akselerasi ekonomi berbasis teknologi hijau.
 
Tak hanya itu, Jokowi turut mengajak Prancis meningkatkan kerja sama pengembangan teknologi yang terjangkau dan investasi. Dengan begitu, transformasi energi dan ekonomi bisa lebih cepat.



(NAI)