Mensos Risma Minta Bantuan Sosial Dioptimalkan untuk Warga Terdampak Pandemi

Mensos Tri Rismaharini. Foto: MI/M Irfan Mensos Tri Rismaharini. Foto: MI/M Irfan

Apakareba: Menteri Sosial, Tri Rismaharini, meminta agar program bantuan sosial (bansos) dapat dioptimalkan seperti Program Keluarga Harapan (PKH), Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) dan Bantuan Sosial Tunai (BST). Rencananya, PKH tahap ketiga untuk Juli hingga September akan disalurkan pada Juli 2021.

“Kemensos juga mencairkan BST untuk 10 juta keluarga penerima manfaat (KPM) selama dua bulan, yakni Mei-Juni. Bantuan itu cair pada Juli," kata Menteri Sosial Tri Rismaharini dikutip dari Antara, Jakarta, Rabu, 21 Juli 2021.

Lalu, dana 18,8 juta KPM BPNT akan mendapat tambahan selama dua bulan, yakni Juli dan Agustus. Sehingga total bantuan yang diterima adalah 14 bulan.

Kemudian, bantuan PKH telah melebihi target 10 juta KPM. Kementerian Sosial (Kemensos) telah menyalurkan bantuan kepada 33.674.865 jiwa, sebab bantuan PKH berdasarkan komponen yang ada dalam keluarga.

Baca: Sri Mulyani Minta Penyaluran Program Perlindungan Sosial Digenjot

Anggaran dana Program Keluarga Harapan (PKH) sebesar Rp28,3 triliun, Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) terdapat Rp42,3 triliun yang disalurkan melalui Himpunan Bank Milik Negara (Himbara). Sementara anggaran Bantuan Sosial Tunai (BST) sebesar Rp15,1 triliun yang disalurkan PT Pos Indonesia.

“Dengan ketiga bansos ini diharapkan meningkatkan daya beli masyarakat,” kata Risma.



(RAI)

Berita Lainnya