Ribuan Warga Sulsel Ikuti Layanan Vaksinasi Keliling

 Pemberian vaksin kepada masyarakat oleh petugas vaksinasi keliling atau mobil vaksinator, di Makassar, Sulawesi Selatan, Jumat, 20 Agustus 2021. Pemberian vaksin kepada masyarakat oleh petugas vaksinasi keliling atau mobil vaksinator, di Makassar, Sulawesi Selatan, Jumat, 20 Agustus 2021.

Apakareba: Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Selatan (Sulsel) meresmikan layanan vaksinasi keliling atau mobil vaksinator yang menjadi alternatif bagi masyarakat yang belum divaksin. Sejak diresmikan pada Selasa, 17 Agustus 2021, terdapat 1.704 warga yang divaksin lewat layanan itu.

"Pada periode 20 Agustus 2021, layanan vaksin keliling berhasil menyasar 1.740 masyarakat, baik pada gerai vaksin maupun mobil vaksinator," kata Koordinator Satgas Covid-19 Sulsel, Arman Bausat.

Dia menuturkan bahwa antusiasme masyarakat yang melakukan vaksin via mobil vaksinator cukup tinggi. Mereka perlahan mulai sadar pentingnya vaksin serta ingin membantu pemerintah dalam mencapai kekebalan komunal.

Vaksinasi keliling, kata Arman, mulai berjalan sejak 17 Agustus. Layanan itu dilakukan tanpa perlu turun atau sistem drive thru dengan menerapkan protokol kesehatan.

Baca juga:  Sandiaga Bagikan 10.000 Beasiswa untuk Anak Yatim Akibat Covid-19

"Khusus pada layanan kunjungan komunitas syaratnya peserta vaksin harus berjumlah 100 hingga 200 orang. Selain itu pelaksanaannya juga didukung oleh polisi dan TNI sehingga berjalan tertib tanpa kerumunan," jelas Arman, melansir Medcom.id, Sabtu, 21 Agustus 2021.

Dalam kegiatan vaksinasi tersebut, Pemprov Sulsel secara berkala akan memperbarui lokasi pelayanan vaksinasi. Utamanya pada layanan vaksinasi keliling.

"Antusiasme masyarakat untuk mendapatkan vaksinasi di Sulsel begitu tinggi. Khusus pada layanan vaksinasi keliling saat ini sudah terdaftar sebanyak 38 komunitas. Seperti pesantren, perkumpulan profesi, karyawan, dan buruh," terangnya. (Muhammad Syawaluddin)



(RAI)

Berita Lainnya