Densus 88 Kembali Tangkap 3 Terduga Teroris Makassar, Total Jadi 56 Orang

Ilustrasi/Medcom.id Ilustrasi/Medcom.id

Apakareba: Detasemen Khusus (Densus) 88 Antiteror Mabes Polri kembali menangkap tiga terduga sel jaringan terorisme di Makassar, Sulawesi Selatan. Kini jumlah terduga teroris yang ditangkap menjadi 56 orang.

"Sudah ada 56 orang terduga teroris yang ditangkap Densus 88 selama operasi," kata Kepala Bidang Humas Polda Sulawesi selatan Kombes Pol E Zulpan saat dikonfirmasi, Kamis, 6 Mei 2021, melansir Antara.

Ketiga terduga yang ditangkap merupakan mantan petinggi Front Pembela Islam (FPI) cabang Makassar. Mereka berinisial AR, MU, dan AS.

Mereka diduga terlibat dalam pembaiatan untuk mendukung jaringan teroris Islamic State (ISIS) beberapa waktu lalu. Mereka ditangkap setelah pengembangan penangkapan eks Skeretaris Umum FPI Pusat Munarman.

Baca juga: Terkait Bom Katedral Makassar, 52 Terduga Teroris Ditangkap di Sulsel

Meski demikian, Zulpan tidak menjelaskan peran yang bersangkutan usai ditangkap di rumahnya masing-masing. "Kalau soal peran masing-masing, saya belum bisa sampaikan. Namun, jelasnya mereka petinggi FPI dan diduga ikut terlibat pembaiatan bersama Munarman," ujar dia.

Zulpan mengatakan ketiga pelaku diduga terlibat jaringan teroris di Villa Mutiara Biru serta bagian dari serangan teror bom bunuh diri pasangan suami istri di Gereja Katedral Makassar, Minggu, 28 Maret lalu. Ini didapat dari hasil pengembangan penggeledahan bekas markas FPI Makassar.

"Beberapa terduga yang ditangkap mengaku dibaiat oleh Munarman. Untuk barang bukti disita, ada empat boks kardus. Para terduga sementara ini sedang menjalani pemeriksaan," kata Zulpan.



(CIA)

Berita Lainnya