Harga Cabai Rawit Hingga Bawang Putih Naik Akibat Curah Hujan Tinggi, Kok Bisa?

Cabai. MI/Benny Bastiandy Cabai. MI/Benny Bastiandy

Apakareba: Beberapa waktu terakhir, Kota Makassar diguyur hujan dengan intensitas tinggi. Akibatnya, sebagian harga komoditas di pasar pun terdampak. 

Beberapa pangan yang paling terpengaruh, yakni cabai rawit dan bawang putih. Hal ini diketahui dari data laporan harian perkembangan ketersediaan dan harga 11 komoditas dari Dinas Perdagangan (Disdag) Kota Makassar. 

Lantas, apa pengaruh curah hujan yang tinggi terhadap harga komoditas tersebut?

Curah hujan yang tinggi menyebabkan hasil panen beberapa komoditas mengalami penurunan. Pekerjaan petani pun akan terhambat saat musim hujan. 

Beberapa tanaman seperti cabai pun akan dirugikan selama musim hujan. Dilansir dari Bulelengkab.go.id, salah satu risiko yang paling ditakutkan ketika menanam cabai saat musim hujan adalah serangan hama. Sebab, saat musim hujan, beberapa jenis hama dan penyakit akan berkembang dan menganggu produktivitas tanaman.

Sama halnya dengan cabai, daun bawang putih juga rentan busuk ketika musim hujan. Hama pun akan menyerang tanaman bawang putih. Hujan yang disertai dengan angin kencang juga bisa membuat sejumlah tanaman ambruk.

Kepala Bidang perlindungan Konsumen Dinas Perdagangan (Disdag) Kota Makassar, Sri Rezeki, menyebutkan beberapa komoditas harganya mengalami kenaikan akibat pengaruh cuaca. Para pedagang di pasaran juga membeli bahan pangan dengan harga yang naik.

“Jadi otomatis harga jualnya juga mengalami kenaikan. Karena kenaikan harga dipengaruhi oleh faktor cuaca,” ucap Sri, Rabu, 6 Januari 2021.

Bawang putih mengalami kenaikan harga mencapai Rp30 ribu per kilogram yang tadinya Rp26 ribu per kilogramnya. Sementara, cabai rawit mengalami kenaikan harga di angka Rp50 ribu per kilogram yang sebelumnya Rp35 ribu per kilogram. 

Adapun bahan pangan dengan harga yang terpantau tetap dalam beberapa waktu terakhir, berikut daftarnya.

1. Beras: Rp11 ribu per kilogram
2. Jagung: Rp1,925 per tongkol
3. Bawang merah Rp26 ribu per kilogram
4. Daging sapi: Rp,115 ribu per kilogram
5. Daging ayam: Rp28 ribu per kilogram
6. Telur ayam: Rp1.500 per butir
7. Gula pasir Rp13 ribu per kilogram 
8. Minyak goreng Rp13.500 per kilogram.



(SYI)

Berita Lainnya