Warga Sulsel Sudah Bisa Akses Jalan Penghubung Kabupaten Barru dengan Soppeng

Akses Jalan Penghubung Kabupaten Barru dengan Soppeng (ANTARA) Akses Jalan Penghubung Kabupaten Barru dengan Soppeng (ANTARA)

Apakareba: Pelaksana tugas (Plt) Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel), Andi Sudirman Sulaiman, meresmikan akses jalan penghubung Kabupaten Barru dan Soppeng. Meliputi jalan Takkalasi, Bainange, Lawo, di Desa Kamiri, Kecamatan Balusu, Kabupaten Barru.

Saat peresmian, Andi didampingi Ketua DPRD Sulsel, Andi Ina Kartika Sari beserta wakilnya, Muzayyin Arif. Kemudian Bupati Barru, Suardi Saleh, dan anggota Forkopimda Barru.

"Hadirnya jalan ini, jangan lihat karena saya. Kebetulan Allah mendudukkan saya di sini. Pembangunan ini adalah uang negara dari rakyat untuk rakyat. Allah hanya menempatkan saya di sini, bagaimana menjadi penyambung lidah dan penyambung pelaksanaan," kata dia.

Kehadiran jalan penghubung ini mempersingkat jarak tempuh bagi masyarakat yang ingin bepergian. Sebab jarak tempuh jalan tersebut telah dipangkas sebanyak 30 kilometer (km).

"Alhamdulillah, jalan ini sudah bisa dinikmati masyarakat. Jalan ini adalah akses terisolasi  sekaligus bypass untuk Barru dan Soppeng, kalau lewat Pekkae 70 km, kalau di sini 38 km. Bisa menghemat waktu," jelas Andi, melansir dari Antara, Jumat, 20 Agustus 2021.

Pembangunan dilakukan secara bertahap

Pembangunan jalan yang dilakukan sejak 2019, membuka lahan sepanjang 6 km dengan anggaran Rp1,7 miliar. Kemudian dilanjut pada 2020, dengan pengaspalan dan pelebaran konstruksi bahu beton sepanjang 2 km dengan lebar 5,5 meter (m), senilai Rp 11,5 miliar.

Kemudian pada 2021 dilakukan pengaspalan dan pelebaran konstruksi bahu beton sepanjang 5,7 km dan lebar 5,5 m yang bernilai Rp24,9 miliar. Serta pembangunan jembatan sepanjang 50 m senilai Rp6,5 miliar.

"Makanya kita konsisten bagaimana jalan ini dituntaskan. Tentu harapan kami, bagaimana selalu bekerja untuk masyarakat," tuturnya.
 



(RAI)

Berita Lainnya