Netizen Jengkel, Politikus Nebeng Popularitas di Atas Kemenangan Greysia/Apriyani

Foto: Instagram @ketua_dprri Foto: Instagram @ketua_dprri

Apakareba: Ribuan ucapan selamat diberikan atas keberhasilan atlet bulu tangkis ganda putri, Greysia Polii dan Apriyani Rahayu, pada Olimpiade Tokyo 2020. Termasuk sejumlah tokoh politik yang memberikan ucapan melalui poster yang diunggah di media sosial, lengkap dengan wajah mereka.

Hal itu membuat sejumlah netizen gemas atas tingkah laku politikus yang dinilai nebeng popularitas. Seperti komentar yang dilempar pada unggahan akun Instagram milik @ketua_dprri.

"Mohon maaf, bu. Kontribusi ibu atas kemenangan Greysia/Apriyani apa ya bu? Ini kemenangan mereka. Tolong gak usah ikut-ikutan nyuri panggung bu," kata @minula.em, dua hari lalu.

Sementara, di Twitter sebuah akun milik Adriansyah Yasin Sulaeman mencuit puluhan poster dari media sosial milik pejabat publik, anggota DPR, anggota DPD, serta pengurus partai politik.

"Nah ya sudah dimulai gaes, mari kumpulkan semua pejabat norak di lingkungan Anda di sini. Ini ada yang masangnya (foto Greysia/Apriyani) gak ikhlas banget, kepalanya kepotong dong," katanya.

Berkat cuitan berbau satire itu, Adrian mendapat ribuan balasan komentar dan disukai oleh 32.700 lebih pengguna Twitter.

Tanggapan pakar 

Terkait poster ucapan selamat dengan foto politikus yang berukuran lebih besar daripada foto Greysia dan Apriyani, seorang Pakar Komunikasi Politik, Hendri Satrio, menilai hal itu malah akan merugikan. Sebab para tokoh politik justru menuai cibiran dari netizen.

"Itu ngikutin tren saja. Berusaha untuk meningkatkan popularitas, tapi kalau semuanya (mengucapkan), ya jadi enggak kelihatan popularitasnya, enggak unik," kata Hendri, melansir berbagai sumber, Rabu, 4 Agustus 2021. (Raissa Oktaviani)



(RAI)