Belum Vaksin Covid-19? Jangan Harap Bisa Masuk ke Pelabuhan Makassar

MI/Lina Herlina Deklarasi Pelabuhan Makassar Wajib Vaksin, digelar di Terminal Pelabuhan Penumpang Pelabuhan Soekarno-Hatta Makasaar, Rabu (28/7) MI/Lina Herlina Deklarasi Pelabuhan Makassar Wajib Vaksin, digelar di Terminal Pelabuhan Penumpang Pelabuhan Soekarno-Hatta Makasaar, Rabu (28/7)

Apakareba: Larangan masuk di pelabuhan Makassar sudah diterapkan di tiga wilayah, yakni Pelabuhan Soekarno untuk penumpang, Pelabuhan Hatta untuk peti kemas, dan Makassar New Port (MNP). Hanya mereka yang telah divaksin yang boleh beraktivitas di dalamnya.

Menurut keterangan Direktur Utama Pelindo IV, Prasetyadi, entah itu sopir truk, buruh, ojek online, tenaga bongkar muat, hingga anak buah kapal, kru dan penumpang harus divaksin. Minimal menerima dosis pertama untuk bisa masuk ke pelabuhan Makassar.

"Siapa pun yang ingin masuk pelabuhan harus sudah divaksin. Yang belum, kami akan siapkan spot khusus untuk vaksin. Kami menggelar deklarasi vaksinasi gratis untuk ribuan pekerja di pelabuhan dan sekitarnya. Harapannya bisa melahirkan kekebalan komunal," kata Prasetyadi, dilansir dari Media Indonesia, Kamis, 29 Juli 2021.

Selain itu Kepala Otoritas Pelabuhan Makassar, Bambang Gunawan, ingin pelabuhan bebas dari korona serta menjadi pelabuhan tervaksinasi. 

"Saat ini sudah lebih dari 20 ribu pekerja di pelabuhan dari berbagai posisi telah menjalani vaksinasi ada yang sudah dua dosis, ada juga masih satu dosis, dan ini akan kita tingkatkan terus," kata Bambang.

Baca Juga: Harga Tomat Melonjak, Petani Lembang Justru Sedih Ini Dalihnya

Meskipun masih ada yang menolak untuk diberikan vaksin, pihaknya akan berupaya memberikan edukasi bagi mereka yang termakan hoaks. 

"Kapal penumpang juga sama, penumpangnya juga harus vaksin minimal dosis satu. Karena ada pelabuhan tujuan yang memberlakukan itu, terutama di Jawa Bali," ujar Bambang. (Lina Herlina)



(RAI)