Prakiraan Cuaca Sulawesi Selatan 13 Januari 2021

Ilustrasi/Medcom.id Ilustrasi/Medcom.id

Apakareba: Perpaduan musim hujan dan fenomena La Nina yang kini sedang melanda Indonesia, dapat memicu hujan lebat disertai petir dan angin kencang di seluruh wilayah. Beberapa bencana hidrometeorologi pun mulai terjadi di beberapa daerah akibat fenomena tersebut, di antaranya banjir, longsor, hingga angin puyuh.

Masyarakat diharap untuk lebih waspada dalam mengamati hal tersebut. Salah satunya dengan mengecek prakiraan cuaca di daerahnya masing-masing. 

Khusus wilayah Sulawesi Selatan, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) telah mengunggah prakiraan cuaca untuk Rabu, 13 Januari 2021 di akun Twitter BMKG Sulsel. Pagi hari ini, cuaca berpotensi cerah berawan, namun diprediksi hujan ringan di wilayah Enrekang, Pare-Pare, Barru, Pangkep, Sinjai, Bulukumba, Selayar, sebagian Pinrang, dan Watampone.

Kemudian, pada siang sampai sore hari, cuaca berpotensi hujan ringan di wilayah Sulsel. Terkecuali di wilayah Masamba, Makale, Rantepao, dan Palopo berpotensi hujan sedang. 

Pada malam hari, cuaca berpotensi berawan, namun berpotensi hujan ringan di wilayah Masamba, Malili, Makale, Rantepao, Belopa, Palopo, Pinrang, Enrekang, dan Watampone. 

Selanjutnya, dini hari diprediksi berawan di seluruh wilayah Sulsel, namun berpotensi hujan ringan di wilayah Belopa, Palopo, Pinrang, Pare-Pare, Barru, Pangkep, Maros, Makassar, Gowa, Watampone, Sinjai, Bulukumba, dan Selayar.

Suhu udara di wilayah Sulsel berkisar dari 20 sampai 33 derajat Celcius dengan kelembapan udara 65-95 persen. Angin berembus dari Barat Daya ke Barat laut dengan kecepatan 10-35 kilometer per jam. BMKG Sulsel tidak memberikan peringatan dini untuk hari ini.

Selalu waspada dan siap siaga selama musim hujan ini ya! Bagi yang rumahnya berada di kemiringan lebih dari 30 derajat atau rawan longsor harus lebih hati-hati ketika hujan lebat. Kalian juga harus hindari berada di bawah pohon untuk mengantisipasi pohon yang mudah tumbang di saat hujan disertai angin kencang. 



(SYI)

Berita Lainnya