Pemprov Sulawesi Selatan Tambah Lahan Pemakaman bagi Jenazah Covid-19

Ilustrasi pemakaman/MI/Andri Widiyanto Ilustrasi pemakaman/MI/Andri Widiyanto

Apakareba: Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Selatan (Sulsel) menambah kapasitas lahan pemakaman khusus bagi jenazah covid-19. Hal ini dilakukan sebab pemakaman di Macanda, Kabupaten Gowa, hampir penuh.

Merangkum berbagai sumber, Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), Mujiono, mengatakan lahan pemakaman baru telah disiapkan di Paccellekang, Kecamatan Pattallassang, Kabupaten Gowa. 

"Macanda kan sudah mau penuh, jadi kami memutuskan dalam satu sampai dua hari ini pemakaman bergeser ke Paccellekang, Gowa," kata Mujiono, Kamis, 29 Juli 2021.

Lahan pemakaman khusus covid-19, kata dia, ditambah seluas 2 hektare. Meskipun sempat ada wacana menambah kapasitas pemakaman covid-19 dengan membeli tanah seluas 700 meter persegi milik warga setempat, namun hal itu tidak jadi dilakukan.

Berdasarkan data dari Satgas Covid-19 di Sulawesi Selatan, hingga Rabu, 28 Juli 2021 lalu, total warga yang meninggal dunia akibat terpapar covid-19 mencapai 1.261 orang. Sementara jenazah yang dikebumikan di Macanda telah mencapai 1.000 lebih jenazah. (Raissa Oktaviani)



(RAI)