Menko PMK Bakal Meninjau Pengelolaan Bank Sampah di Makassar

Wakil Wali Kota Makassar Fatmawati Rusdi (kanan) saat membahas rencana kunjungan Menko PMK Muhadjir Effendy untuk melihat langsung budidaya larva dalam mengatasi persampahan di Makassar. ANTARA/HO/Pemkot Makassar Wakil Wali Kota Makassar Fatmawati Rusdi (kanan) saat membahas rencana kunjungan Menko PMK Muhadjir Effendy untuk melihat langsung budidaya larva dalam mengatasi persampahan di Makassar. ANTARA/HO/Pemkot Makassar

Apakareba: Wakil Wali Kota Makasar, Fatmawati Rusdi, bersama Dinas Lingkungan Hidup (DLH) melakukan sejumlah persiapan dalam menyambut Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Muhadjir Effendy. Menko PMK dijadwalkan akan meninjau langsung pengelolaan bank sampah di Makassar.

"Jadwal dari rencana kunjungan menteri sudah ada sesuai dengan surat yang diterima dari Kemenko PMK," kata Fatmawati dikutip dari Antara, Selasa, 26 Juli 2022. 

Sementara itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Makassar, Aryati Puspasari Abadi, mengatakan Menko PMK rencananya akan mengunjungi Bank Sampah Pusat (BSP) di Pacerakkang, Kecamatan Biringkanaya.

"Jadi nanti Pak Menteri akan berkunjung ke sana (BSP Pacerakkang) untuk melihat bagaimana bank sampah di Kota Makassar melakukan budidaya Maggot," kata Puspa.

Puspa mengatakan budidaya maggot berasal dari lalat hitam atau Black Soldier Flies) yang sudah dikembangkan oleh BSP Pacerakkang sebagai percontohan. Menurutnya, budidaya maggot merupakan solusi untuk mengatasi masalah sampah rumah tangga. Nantinya maggot akan mereduksi sampah sisa-sisa makanan.

Dia menjelaskan peralatan dalam budidaya maggot di BSP Pacerakkang sangat lengkap dan sudah terintegrasi. Pemeliharaannya mulai dari telur, larva, pre-pupa, pupa, hingga menjadi lalat dewasa bisa dilihat di sana. 



(SUR)

Berita Lainnya