Psst... Durasi Fitur Reels di Instagram Bakal Jadi 90 Detik

Ilustrasi: Freepik Ilustrasi: Freepik
Jakarta: Instagram akan merilis pembaruan yang membuat salah satu konten video andalan mereka menjadi lebih menarik dan semakin bersaing dengan kompetitornya. Rencananya durasi fitur Reels di Instagram akan diperpanjang.

Hal tersebut bakal membuat setiap pengguna Instagram atau content creator bisa membuat video Instagram Reels lebih panjang. Kabarnya durasi penayangan Reels akan bertambah dari semula 60 detik menjadi 90 detik.

Dilansir dari WCCF Tech, rencana yang masih rahasia tersebut dibocorkan oleh leakster bernama Alessandro Paluzzi. Jika benar maka Instagram bakal bisa bersaing langsung dengan TikTok yang lebih dulu menyediakan durasi yang sama.

Paluzzi menyatakan bahwa di bagian fitur untuk membuat Instagram Reels akan tersedia toggle atau tombol untuk mengubah durasi video yang akan dibuat. Kemungkinan fitur ini akan hadir lebih dulu di sejumlah pengguna Instagram sebagai uji coba.

Hingga kini, semuanya masih rencana. Kemungkinan ini berpotensi dibatalkan jika responnya kurang diterima pengguna.

Awal peluncuran Reels

Pertama kali diluncurkan tahun 2020, Instagram Reels hadir dengan durasi hanya 15 detik kemudian ditambahkan menjadi 30 detik sampai saat ini 60 detik. TikTok sendiri yang disebut sebagai pelopor konten video pendek tersebut kini sudah menyediakan pilihan video berdurasi tiga menit.

TikTok diakui berhasil menjadi platform yang mempopulerkan konten video pendek termasuk dengan format vertikal. Tak mau kalah, Instagram hingga YouTube ikut menyediakan konten serupa sebagai pilihan bagi penonton atau content creator.

Beberapa tahun lalu saat India membuat gerakan blokir aplikasi buatan Tiongkok termasuk TikTok, konten Instagram Reels dipilih menjadi alternatif oleh pengguna di negara tersebut. (Monique Handa Shafira)



(UWA)

Berita Lainnya