Bukan Sekadar Tahan Lapar, Ini 5 Manfaat Puasa bagi Anak

Foto: Pexels/Pavel Danilyuk Foto: Pexels/Pavel Danilyuk

Selama bulan Ramadan, umat Islam diwajibkan untuk menjalankan ibadah puasa. Puasa memiliki banyak manfaat, baik bagi orang dewasa maupun anak-anak.

Namun, tidak dapat dimungkiri, menahan lapar dan haus bukanlah perkara yang mudah bagi anak-anak. Meskipun begitu, melatih anak untuk berpuasa sejak dini tetap diperlukan.

Mengajarkan si kecil berpuasa sejak dini dapat membuatnya menjadi terbiasa. Namun, orang tua sebaiknya jangan memaksa anaknya untuk berpuasa. Karena apabila dilakukan secara terpaksa, manfaat dari puasa justru tidak dapat dirasakan anak-anak. Mereka malah hanya akan merasa terbebani. 

Lalu, apa aja sih manfaat puasa bagi anak-anak? Mengutip dari laman resmi Medcom, berikut lima manfaat puasa bagi anak-anak:

1.     Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Salah satu manfaat puasa adalah menjaga tubuh si kecil agar tetap sehat dan tidak mudah terserang penyakit. Riset menunjukkan bahwa puasa dapat merangsang aktivitas sel darah putih dan membentuk daya tahan tubuh menjadi lebih kuat. Dengan begitu, anak-anak tetap dianjurkan untuk berpuasa semampunya. Namun, orang tua tetap harus memperhatikan asupan nutrisi anak terpenuhi.

2.     Mencegah obesitas

Puasa bisa menurunkan risiko anak terkena obesitas. Karena ketika puasa, waktu makan dan minum anak akan dibatasi. Kebiasaan ini pun dinilai dapat membantu mengontrol berat badan anak.

3.     Belajar mengendalikan diri

Tidak hanya bermanfaat bagi kesehatan tubuh, puasa juga bisa melatih anak dalam mengendalikan diri. Anak juga akan dilatih kesabarannya karena mereka harus belajar menahan diri agar tidak tergoda terhadap hal-hal yang membatalkan puasa selama kurang lebih 13 jam.  

4.     Mengajarkan anak disiplin

Selain melatih kesabaran, puasa juga mengajarkan anak untuk lebih displin. Karena selama berpuasa, anak akan diajarkan terkait hal-hal apa saja yang boleh dan tidak boleh dilakukan. Mereka akan belajar untuk lebih menghargai waktu dan mematuhi peraturan yang berlaku.

5.     Mengajarkan anak tentang agamanya

Dengan menjalani puasa sejak kecil, anak akan jadi tahu bahwa puasa adalah salah satu ibadah wajib bagi umat Islam. Dengan demikian, mereka yang sudah terbiasa berpuasa sejak kecil pun akan menjadi lebih dekat dengan nilai-nilai keagamaan.

Selain itu, si kecil juga akan jadi lebih paham mengenai hal-hal yang termasuk perbuatan baik dan tidak baik untuk dirinya serta orang lain.



(UWA)