5 Cara Atasi Telinga Tersumbat

Ilustrasi. Foto: Hello Sehat Ilustrasi. Foto: Hello Sehat

Penyebab telinga tersumbat pun ada banyak. Di antaranya kotoran telinga yang menumpuk, air yang masuk ke dalam telinga, perubahan ketinggian saat mendaki hingga naik pesawat, dan sebagainya.

Kondisi ini bisa menyebabkan kamu kesulitan mendengar dan menimbulkan bunyi dengung pada telinga. Bahkan, area telinga kamu bisa terasa nyeri hingga menyebabkan gangguan keseimbangan.

Lalu, bagaimana cara yang tepat? Melansir dari Medcom, berikut adalah cara mengatasi telinga yang tersumbat.

Cara mengatasi telinga tersumbat

1. Kompres dengan air hangat

Cara pertama yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi telinga tersumbat ialah mengompres telinga dengan menggunakan air panas. Pasalnya, suhu hangat dapat mengencerkan lendir yang menumpuk pada bagian dalam telinga dan membantu melebarkan pembuluh darah.

Dengan begitu, aliran darah serta pasokan oksigen lebih gampang menuju area telinga yang terasa sakit. Hal ini pun akan membantu otot pada telinga jadi lebih rileks dan mengurangi rasa nyeri.

Cara melakukannya juga tidak sulit. Kamu dapat menggunakan waslap bersih yang direndam air hangat sekitar 40-50 derajat Celcius. 

Setelah itu, jangan lupa untuk peras hingga air berkurang. Lalu, tempelkan di telinga selama 5-10 menit.

Pastikan untuk tidak melakukannya lebih dari 20 menit. Bila telinga tampak bengkak, jangan menempelkan langsung waslap yang hangat dengan area yang sakit.

2. Miringkan kepala

Ketika mengalami telinga tersumbat akibat kemasukan air, kamu bisa coba memiringkan kepala pada bagian yang tersumbat. Lalu, masukan setetes air dan miringkan kembali kepala ke sisi yang berlawanan untuk mengeluarkan air. 

Cara itu pun bisa membantu mengeluarkan air yang tersumbat dalam telinga. Jika tidak berhasil, kamu bisa memakai hair dryer atau pengering rambut untuk mengeringkan air yang tersumbat di dalam telinga dengan cepat.

3. Teteskan minyak esensial

Minyak esensial dapat membantu menjaga kelembapan pada area telinga dan mengatasi telinga yang tersumbat akibat infeksi dan kotoran menumpuk. Oleh karena itu, kamu bisa meneteskan minyak esensial, seperti minyak zaitun pada telinga yang tersumbat.

Untuk lebih jelas, berikut cara menggunakan minyak esensial untuk mengatasi telinga tersumbat:

  • Panaskan minyak dengan sendok.
  • Setelah sudah hangat, pindahkan minyak ke pipet.
  • Miringkan kepala dan teteskan minyak dari pipet ke telinga.
  • Jangan bergerak terlebih dahulu. Diam dan tahan posisi tubuh selama 10-15 detik.

Kamu bisa melakukan beberapa kali selama lima hari, hingga telinga yang tersumbat terasa lebih lega.

4. Konsumsi obat dekongestan

Selain meneteskan minyak esensial, kamu juga bisa mengonsumsi obat dekongestan untuk membantu meredakan telinga tersumbat. Obat tersebut mampu mencegah pembengkakan selaput lendir dan tekanan pada telinga serta mengecilkan pembuluh darah di hidung.

Obat ini memang bisa membantu mengatasi telinga yang tersumbat. Meskipun demikian, kamu tidak boleh mengonsumsinya secara sembarangan. Kamu perlu mendapatkan resep dokter untuk mengonsumsi obat ini agar tahu aturan pemakaian yang tepat sesuai kondisi yang sedang dialami.

5. Lakukan manuver valsava

Cara mengatasi telinga tersumbat yang terakhir ialah melakukan manuver valsava. Cara ini dapat melegakan kembali saluran eustachius yang menyambungkan bagian belakang hidung dengan tengah telinga.

Berikut caranya:

  • Jepit lubang hidung dengan jari.
  • Tutup mulut yang rapat.
  • Tarik napas yang mendalam.
  • Hembuskan udara dari hidung sambil menahannya dengan jari.

Dengan cara itu, saluran eustachius kamu akan dipaksa untuk kembali terbuka. Ketika saluran berhasil terbuka, kamu akan mendengarkan suara letupan di dalam telinga.

Itulah lima cara yang bisa kamu lakukan saat mengalami telinga tersumbat. Segera konsultasi ke dokter, bila telinga kamu masih terasa bindeng dan tersumbat, ya!



(SUR)