Taruh iPhone di Phone Holder Bisa Bikin Rusak? Simak Penjelasannya

Ilustrasi iPhone/Sumber:Medcom.id Ilustrasi iPhone/Sumber:Medcom.id

Apakareba:  Bagi Anda pengguna ponsel pintar dari Apple kini harus lebih hati-hati saat menggunakan ponsel tersebut, terutama saat menaruhnya di phone holder saat mengendarai motor.
 
Informasi menyebutkan iPhone akan lebih mudah rusak saat perangkat tersebut dipasang pada phone holder ketika sepeda motor sedang melaju. Apa penyebabnya? Getaran dari kendaraan ternyata bisa cukup menyiksa komponen di dalam iPhone.
 
Dikutip dari Medcom.id, hal ini pertama kali diketahui dari dukungan layanan Apple kepada konsumen. Apple memperingatkan bahwa getaran yang tergolong kencang atau intensitas tinggi seperti dari mesin sepeda motor seperti di bagian setang motor dapat merusak komponen di dalam iPhone.

Baca juga: Apple Rilis iOS 15, Berikut Daftar iPhone Kebagian Sistem OS Baru

Lebih detail, bagian komponen iPhone yang dapat rusak adalah pada kameranya dan kerusakan ini bersifat permanen. Sehingga dalam perbaikannya kemungkinan dibutuhkan penggantian komponen baru.
 
Pihak Apple menjelaskan bahwa getaran tersebut bisa merusak komponen optical image stabilization atau OIS dan closed-loop autofocus. Keduanya komponen yang sangat penting.
 
OIS berfungsi menjaga kamera tetap stabil dari getaran tangan saat merekam video sementara closed-loop autofocus membantu lensa kamera membantu fokus saat OIS berfungsi.
 
Laman MacRumor turut menyebutkan semua seri iPhone terbaru hingga versi lama yaitu iPhone tujuh, memiliki kedua komponen tersebut sehingga rentan mengalami masalah ini.



(NAI)