Tak Ada Anggaran, Pebiliar Sulsel Gagal Berlaga di SEA Games 2021

Pebiliar Ismail Kadir. Foto: Antara/HO/headquarter Indonesia Pebiliar Ismail Kadir. Foto: Antara/HO/headquarter Indonesia

Makassar: Pebiliar asal Sulawesi Selatan (Sulsel), Ismail Kadir, gagal memperkuat tim nasional (Timnas) Indonesia di SEA Games 2021, Hanoi, Vietnam. Sebab, Kemenpora tidak memberikan biaya akomodasi.

"Kami sudah berkomunikasi dengan Pengurus Besar (PB) Persatuan Olahraga Biliar Seluruh Indonesia (POBSI) dan menyampaikan jika pemerintah belum memberikan izin meski menggunakan biaya mandiri berlaga di SEA Games Vietnam," kata Ketua Harian POBSI Sulsel, Felix Ligianto, dikutip dari Antara, Selasa, 19 April 2022.

Baca: KONI Sulsel Targetkan Lima Besar di PON XXI 2024

Sebelumnya, Komite Olimpiade Indonesia mendapat usulan dari tim review bentukan Kemenpora terkait keberangkatan atlet untuk bertanding di SEA Games. Biliar sendiri merupakan cabang olahraga yang memiliki rekam jejak cukup positif.

Setelah melakukan evaluasi terkait peluang biliar, POBSI hanya diberikan lima kuota atlet dari 14 nama yang dinyatakan lolos dan tambahan dua pelatih. Dengan menggunakan biaya mandiri oleh ketua umum PB POBSI.

"Namun dengan adanya keputusan dari pemerintah maka peluang Ismail Kadir, 99 persen tidak ikut. Semoga ke depan bisa kembali memperkuat timnas," tutur Felix.



(UWA)

Berita Lainnya