Pemda Muna Barat Gelontorkan Rp500 Juta untuk Modal UMKM

Kepala Dinas Koperasi, Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) Muba Barat, La Ode Takari . (Foto Antara/HO-Diskominfo Muna Barat) Kepala Dinas Koperasi, Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) Muba Barat, La Ode Takari . (Foto Antara/HO-Diskominfo Muna Barat)

Kendari: Pemerintah Daerah Kabupaten Muna Barat menggelontorkan bantuan modal kepada pelaku usaha sebesar Rp 500 Juta. Pelaku usaha yang menerima modal  meliputi perbengkelan, peternakan, penenunan, dan penjual kebutuhan pokok (sembako).

"Insyaallah akhir bulan ini mau dicairkan. Sekarang sementara dalam proses di Bagian Unit Layanan Pengadaan (ULP)," kata Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Muba Barat, La Ode Takari, dilansir dari Antaranews.com pada Senin, 11 Desember 2023.

Dukungan modal dari pemerintah daerah diharap bisa membuat pelaku usaha meningkatkan produktivitas. La Ode menjelaskan setiap pelaku usaha dapat mengajukan proposal ke Dinas Koperasi dan UMKM.

La Ode Safrudin, salah satu peternak penerima bantuan modal, menganggap ini sebagai langkah positif untuk pengembangan usaha. Namun, Safrudin berharap bantuan modal ini juga mendapat pengawalan dari instansi terkait.

"Hal lain adalah instansi terkait juga dalam memberikan bantuan agar memperhatikan asas pemerataan. Setiap tahun harus ada evaluasi seperti apa pemerataan pembagian bantuan ke masyarakat. Saya pikir itu yang perlu digarisbawahi," ujar La Ode Safrudin.



(SUR)

Berita Lainnya