Kejuaraan Dunia Renang FINA Diundur Akibat Pandemi

Pemandangan komplek olahraga Marine Messe Fukuoka di Fukuoka, Jepang. Foto: ANTARA/REUTERS/YOMIURI SHIMBUN/Tosei Kisanuki) Pemandangan komplek olahraga Marine Messe Fukuoka di Fukuoka, Jepang. Foto: ANTARA/REUTERS/YOMIURI SHIMBUN/Tosei Kisanuki)
Apakareba: Kejuaraan dunia renang yang digelar Induk Organisasi Olahraga Akuatik Dunia (FINA) terpaksa diundur karena perkembangan pandemi covid-19. Rencana awal, gelaran tersebut diadakan di Fukuoka, Jepang, pada Mei 2022.

Ini jadi kali kedua ajang tersebut harus diundur. Rencana awal pada 2021 ditangguhkan untuk memberi kesempatan Jepang berkonsentrasi menggelar Olimpiade Tokyo.  

Otoritas olahraga renang dunia, FINA, mengumumkan bahwa kejuaraan itu tak jadi digelar. Gelaran ini akan dicarikan jadwal baru pada Juli 2023.  

"Mempertimbangkan situasi pandemi dan protokol yang berlaku di Jepang saat ini, FINA beserta Panitia Penyelenggara Fukuoka 2022 sepakat untuk menunda kejuaraan renang dunia FINA ke-19," terang Presiden FINA Husain Al-Musallam seperti dilansir Antara, Selasa, 1 Februari 2022.

Keputusan ini juga menimbulkan dampak lanjutan berupa penundaan Kejuaraan Renang Dunia FINA ke-20 yang sedianya dilangsungkan November 2023 di Doha, Qatar. Gelaran tersebut bakal diundur menjadi Januari 2024. "Keputusan ini diambil berdasar kepentingan bersama," kata Al-Musallam.

"FINA akan terus memprioritaskan keselamatan peserta kompetisi dan mengambil keputusan sedini mungkin berdasar situasi yang ada, agar bisa memberi kepastian bagi para atlet akuatik dan jajaran pendukung mereka," sambung dia.

FINA juga menyatakan mereka terus berkomunikasi aktif dengan para atlet maupun pelatih terkait dampak yang ditimbulkan merebaknya varian Omicron terhadap kalender kompetisi akuatik internasional.



(UWA)