Naik 21%, Penumpang Bandara Makassar Tembus 1,6 Juta Orang

Kondisi di Bandara International Sultan Hasanuddin Makassar, Sulawesi Selatan. Istimewa. (Foto: Medcom.id) Kondisi di Bandara International Sultan Hasanuddin Makassar, Sulawesi Selatan. Istimewa. (Foto: Medcom.id)

Makassar: Jumlah penumpang di Bandara Internasional Sultan Hasanuddin Makassar, Sulawesi Selatan, mencapai 1.623.755 orang pada dua bulan pertama 2023. Jumlah ini meningkat 21% dibandingkan tahun lalu yang jumlahnya 1.338.758 orang.

General Manager Bandara Internasional Sultan Hasanuddin, Wahyudi, mengatakan 1,6 juta penumpang tersebut sudah termasuk penerbangan domestik maupun internasional.

Tidak hanya kenaikan jumlah penumpang, jumlah pesawat pada bulan Januari dan Februari juga meningkat sebesar 10%. Tahun ini ada 13.124 pergerakan, sedangkan tahun lalu hanya 11.862 pergerakan.

"Tahun 2023 diawali dengan persentase peningkatan trafik penumpang dan pesawat," kata Wahyudi dikutip dari Medcom, Jumat, 10 Maret 2023.

Sejak awal Januari hingga Februari, rata-rata penumpang yang melalui Bandara Internasional Sultan Hasanuddin mencapai 27.521. Angka itu sejalan dengan jumlah pergerakan pesawat yang juga meningkat. “Tercatat 222 pergerakan pesawat per hari," ungkapnya.

Wahyudi mengatakan peningkatan jumlah penumpang di Bandara dari tahun ke tahun sejak 2020 lalu disebabkan adanya pelonggaran aturan perjalanan. 

Ia berharap dengan adanya peningkatan tersebut rute lama yang belum dibuka bisa kembali diaktifkan untuk melayani masyarakat.



(UWA)

Berita Lainnya