Menkes: Vaksin Mengurangi Potensi Kematian Bila Terpapar Omicron

Ilustrasi Medcom.id. Ilustrasi Medcom.id.
Apakareba: Menteri Kesehatan (Menkes), Budi Gunadi Sadikin, mengatakan vaksin covid-19 sangat meminimalkan potensi kematian bila terpapar varian Omicron. Untuk itu, masyarakat tidak ada alasan menolak divaksin.

“Kalau sudah divaksin, kecil kemungkinannya untuk masuk rumah sakit (RS) jika terpapar Omicron,” kata Budi dalam telekonferensi, dilansir dari Medcom.id, Kamis, 16 Desember 2021.

Ia meminta masyarakat tidak memilih-milih merek vaksin covid-19. Seluruh vaksin yang beredar saat ini dijamin melindungi masyarakat, termasuk dari varian Omicron.

“Saya harap tidak perlu pilih-pilih vaksin karena sudah terbukti (aman dan berkhasiat),” papar dia.

Percepatan vaksinasi, kata Budi, mesti didorong bagi kelompok lanjut usia (lansia). Pasalnya, mereka merupakan kelompok rentan terhadap covid-19.

Varian Omicron perdana di Indonesia

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menemukan virus covid-19 varian Omicron perdana di Indonesia. Temuan itu berasal dari salah satu petugas kebersihan di Rumah Sakit Darurat (RSD) Wisma Atlet.
 
“Kemenkes tadi malam mendeteksi seorang pasien berinisial N terkonfirmasi Omicron,” kata Menteri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin, dalam telekonferensi, Kamis, 16 Desember 2021.



(RAI)

Berita Lainnya