Diduga Menjadi Penyebab, Ini 2 Pemicu Erupsi Gunung Semeru

Gunung Semeru erupsi. Beranda Antaranews. Gunung Semeru erupsi. Beranda Antaranews.

Apakareba:  Gunung Semeru meluapkan lahar dan awan panas guguran (APG) pada Sabtu, 4 Desember 2021. Sampai saat ini peristiwa itu menimbulkan 15 korban jiwa.
 
Hingga saat ini aktivitas gunung tertinggi di Pulau Jawa itu masih pada level II atau waspada. Sejumlah ahli menjelaskan penyebab Gunung Semeru mengalami erupsi. Dihimpun dari Medcom.id, berikut penjelasannya:

PVMBG: Endapan lidah lava tidak stabil

Letusan Gunung Semeru umumnya bertipe vulkanian dan strombolian, berupa penghancuran kubah atau lidah lava, serta pembentukan kubah lava atau lidah lava baru. Menurut Koordinator Kelompok Mitigasi Gunung Api Badan Geologi Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Kristianto, awan panas guguran Gunung Semeru diakibatkan endapan lidah lava yang tidak stabil.
 
"Pengamatan visual menunjukkan kemunculan guguran dan awan panas guguran diakibatkan oleh ketidakstabilan endapan lidah lava," ucap Kristianto dikutip dari Medcom.id, Senin, 6 Desember 2021.

Menurut dia, aktivitas pada 1-4 Desember terjadi di permukaan atau erupsi sekunder. Sementara itu, aktivitas gempa tak menunjukkan kenaikan jumlah dan jenis gempa yang berasosiasi dengan suplai magma atau batuan segar ke permukaan.
 
"Jumlah dan jenis gempa yang terekam selama 1 hingga 30 November 2021 didominasi oleh gempa-gempa permukaan berupa gempa letusan dengan rata-rata 50 kejadian per hari," jelas Kristianto.

Baca juga: Ini 5 Kawasan di Gunung Semeru yang Dinilai Angker oleh Para Pendaki


Kementerian ESDM: Karena curah hujan tinggi

Sedangkan menurut Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), erupsi gunung setinggi 3.676 meter di atas permukaan laut (mdpl) itu disebabkan faktor eksternal. Seperti curah hujan tinggi yang memicu bibir lava runtuh, sehingga terjadi erupsi.
 
"Kelihatannya memang ada kaitan dengan curah hujan tinggi. Hal ini menyebabkan runtuhnya bibir lava dan memicu adanya erupsi atau guguran awan panas," kata Kepala Badan Geologi Kementerian ESDM, Eko Budi Lelono.
 
Menurutnya, aktivitas suplai magma dan material sepanjang November dan 1-3 Desember tidak mengalami perubahan signifikan. Catatan kegempaan juga dikatakan relatif rendah.
 
"Aktivitas Gunung Semeru ini sebetulnya tidak ada. aktivitas yang berlebihan dari kegempaan yang memperlihatkan adanya suplai magma itu relatif biasa saja seperti sebelum-sebelumnya," beber Eko.



(NAI)

Berita Lainnya